Beranda

“…Antisipasi Kenaikan Permintaan, Bulog Sulteng Akan Datangkan Bawang dan Minyak Goreng…”


"...Komoditas Bawang Merah dan Bawang Putih..." Photo By : Red. NRMnews.com

“…Komoditas Bawang Merah dan Bawang Putih…” Photo By : Red. NRMnews.com

“…NRMnews.com – Palu, Komoditas seperti bawang dan minyak goreng akan didatangkan Bulog Sulawesi Tengah untuk mengantisipasi kebutuhan Natal dan tahun baru yang dipastikan mengalami peningkatan. “Dua komoditas itu adalah bawang dan minyak goreng yang sangat di butuhkan masyarakat,” kata Kepala Perum Bulog Sulteng, Maruf di Palu, Minggu (23/10/2016).

Ia mengatakan menghadapi Natal dan tahun baru biasanya beberapa komoditas, termasuk bawang dan minyak goreng cenderung naik. Kenaikan harga biasa dipicu permintaan masyarakat meningkat dan pedagang memanfaatkannya dengan menaikan harga demi memperoleh keuntungan besar.

Untuk mengantisipasinya, kata Maruf, Bulog rencana mendatangkan kedua komoditas pangan tersebut untuk dijual di rumah pangan dan juga melalui operasi pasar atau pasar murah. Bulog Sulteng saat ini menjual beras dan gula pasir dengan harga relatif lebih murah dibandingkan harga di pasaran. Misalnya, untuk gula pasir dijual Bulog kepada masyarakat dengan harga Rp12.500 dan beras Rp8.600 per kilogram (kg). Harga gula di pasaran mencapai Rp16.000 dam beras Rp10.000 sampai Rp11.000 pe kg.

Sejumlah pedagang di Pasar Masomba Palu membenarkan harga gula dan bawang terbilang masih tinggi. Selain harga tinggi, stok bawang merah kurang karena suplai dari petani berkurang. “Sementara kebutuhan masyarakat terus meningkat,” kata Ny Lastrin, seorang pedagang di.kawasan itu. Hal senada juga disampaikan Ny Rukmini. Ia juga mengatakan bahwa gula dan bawang merupakan komoditas pangan yang sangat dibutuhkan masyarakat sehingga stok harus selalu tersedia dalam jumlah memadai.

(Oleh: NRMnews.com/ Eka Santhika-Editor/A. Dody R.)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s