Beranda

“…BNPT Gelar Rapat Bahas Perkembangan Terorisme…”


"...Ilustrasi Perang dan Terorisme..."

“…Ilustrasi Perang dan Terorisme…”

“…NRMnews.com – JAKARTA, Kelompok ahli BNPT yang baru akan menggelar rapat perdana bersama, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol Suhardi Alius.

Dalam rapat ini akan dibahas mengenai perkembangan kasus terorisme baik yang terjadi di Tanah Air dan mancanegara.

Rapat yang juga dihadiri Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto ini digelar di kantor perwakilan BNPT di Jakarta, Senin (24/10/2016).

Kelompok ahli BNPT yang hadir dalam pertemuan tersebut ialah Drs Ansyaad Mbai MM (pakar terorisme), Prof Dr Azyumardi Azra MA (pakar agama), Prof Dr H Syaiful Bakhri, SH MH (pakar hukum), Prof Dr Hamdi Muluk MSi (pakar psikologi).

Kemudian Prof Iwan Gardono Sujatmiko MA PhD (pakar sosiologi), Prof Dr Romli Atmasasmita, SH LLM dan Dr Hamdan Zoelva SH MH (pakar hukum), Prof Hikmahanto Juwana, SH LLM PhD dan Prof Drs Yanyan M Yani MAIR PhD (pakar hukum internasional).

Hanya Prof Dr Nasaruddin Umar MA (pakar agama) saja yang berhalangan hadir dalam pertemuan tersebut karena sedang berada di Chile. Menurut Suhardi, dengan berbagai latar belakang keilmuannya, kelompok ahli ini diharapkan bisa mewarnai pemikiran-pemikiran dari sisi keilmuan dalam rangka penanggulangan terorisme. Di rapat tersebut Kepala BNPT memberikan informasi terkini mengenai penanggulangan terorisme yang ada di dalam negeri maupun internasional.

“Harapan kami apa yang sudah didengar oleh para kelompok ahli mengenai perkembangan terbaru kasus terorisme yang ada maka para kelompok ahli tersebut akan menulis atau memberikan saran kepada BNPT mengenai bagaimana treatment yang pas dalam menanggulangi masalah terorisme di Indonesia,” ujar Suhardi. Menurut dia, yang tahu akar masalah terorisme di masing-masing negara tentunya negara itu sendiri, dan ia yakin para ilmuwan yang menjadi kelompok ahli BNPT mengerti betul akar masalah penyebab terjadinya terorisme di Indonesia.

Mantan Sekretaris Utama Lemhannas RI ini mengatakan pihaknya akan berkoordinasi dengan kelompok ahli tersebut minimal setiap dua bulan sekali untuk menyampaikan perkembangan dinamika terorisme di Indonesia melalui forum kajian ilmiah sesuai dengan keilmuan para kelompok ahli tersebut. “Kelompok ahli ini juga akan kami libatkan sebagai narasumber dalam setiap kegiatan,” kata mantan Kabareskrim Mabes Polri ini. Kepala BNPT menjelaskan bahwa dalam rapat tersebut kelompok ahli antara lain memberikan masukan terkait dengan pelibatan 17 kementerian/lembaga dalam penanggulangan terorisme, seperti pola integrasi yang harus dibangun.

(Oleh: NRMnews.com/Lola C.-Editor/A. Dody R.)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s