Beranda

“…Kemenhub, Akan Serahkan Pengelolaan Tiga Bandara Kepada Swasta…”


"...Ilustrasi Aktifitas Bandar Udara (Bandara)..." Photo By : Red.NRMnews.com

“…Ilustrasi Aktifitas Bandar Udara (Bandara)…” Photo By : Red.NRMnews.com

“…NRMnews.com – JAKARTA, Dalam rangka penghematan anggaran, Kementerian Perhubungan akan menyerahkan pengelolaan tiga bandara besar ke swasta.

Hal ini dilakukan agar alokasi anggaran bisa difokuskan ke proyek-proyek prioritas. Misalnya pengembangan infrastruktur transportasi di wilayah Timur Indonesia.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam sambutannya pada Rapat Koordinasi Direktorat Jenderal Perhubungan Udara di Jakarta, Rabu (26/10/2016), menyebutkan tiga bandara tersebut, di antaranya Bandara Kualanamu Medan, Bandara Sepinggan Balikpapan dan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar.

“…Kita ingin swasta membangun Indonesia, tugas kita banyak selama ini…”, katanya. Budi berharap dengan dikelola oleh swasta, pihaknya mendapatkan dana segar sebesar Rp 1-3 triliun untuk memperbaiki bandara.

Apabila memungkinkan, lanjut dia, investasi juga akan ditawarkan kepada pihak asing, seperti Jerman atau Prancis. “…Seperti Heathrow, London, itu kan bukan dibiayai oleh pemerintah, tapi oleh pihak luar, seperti Spanyol…”, katanya. Dia menambahkan butuh waktu delapan bulan hingga satu tahun untuk pengalihan pengelolaan tersebut.

Selain rencana pengalihan operasi kepada swasta, Budi mengatakan bandara yang selama ini dikelola oleh PT Angkasa Pura I dan II atau Bandara UPT, diupayakan untuk “joint venture” dengan swasta. Bandara-bandara tersebut, di antaranya bandara di Batam, Lampung, Belitung, Banjarmasin, Tarakan, Sorong, Berau dan Sentani.

(Oleh: NRMnews.com/Pringga W.-Editor/A. Dody R.)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s