Beranda

“…Pemerintah DIY, Hanya Setujui Usulan Dana Keistimewaan Yogyakarta Senilai Rp 10 Miliar…”


"...Tugu Kota Yogyakarta.." Photo By : Red NRMnews.com

“…Tugu Kota Yogyakarta..” Photo By : Red NRMnews.com

“…NRMnews.com – YOGYAKARTA,   Pemerintah DIY hanya menyetujui kucuran dana 2017 bagi Pemkot Yogyakarta sekitar Rp 10 miliar dari usulan Rp 70 miliar.

Kucuran dana terebut diperuntukan bagi pengelolaan dana keistimewaan. Oleh karena persetujuan dana lebih kecil dari usulan, maka dilakukan pemilihan kegiatan yang dinilai lebih prioritas, sedangkan kegiatan lain terpaksa dicoret.

“…Hanya disetujui Rp 10 miliar untuk dua jenis penggunaan yaitu kegiatan fisik dan nonfisik yang porsinya hampir sama. 50:50…”.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Yogyakarta Eko Suryo Maharso di Yogyakarta, Jumat. “…Kami sebenarnya berharap, dana keistimewaan yang disetujui oleh DIY bisa lebih besar. Nilai Rp 10 miliar ini justru tidak jauh berbeda dari usulan awal Pemerintah Kota Yogyakarta yaitu sekitar Rp 9 miliar…”, katanya.

Salah satu kegiatan fisik yang dinilai prioritas adalah rehabilitasi bangunan cagar budaya. Pada mulanya, Pemerintah Kota Yogyakarta merencanakan kegiatan pembelian bangunan cagar budaya dengan nilai sekitar Rp 15 miliar dan rehabilitasi bangunan cagar budaya dengan nilai Rp 25,7 miliar.

“…Namun, karena dana yang tersedia kurang dari Rp 5 miliar, maka hanya ada dua bangunan cagar budaya yang akan direhabilitasi. Salah satunya adalah rumah di kawasan Taman Siswa…”, katanya.

Sedangkan untuk kegiatan non fisik yang akan dilakukan adalah penyelenggaraan kegiatan rutin seperti Festival Kesenian Yogyakarta dan pembinaan kegiatan seni dan budaya di masyarakat.

Rencana kegiatan penelitian dan pengembangan budaya guna mengetahui perubahan dan arah perkembangan budaya di masyarakat sekaligus untuk pelestarian budaya tradisional yang sudah direncanakan juga terpaksa tidak dapat dilakukan.

Pemerintah Kota Yogyakarta sempat memperoleh kritikan dari Gubernur DIY Sri Sultan HB X mengenai besaran usulan dana keistimewaan pada 2017 yang dinilai kecil yaitu Rp 9 miliar.

Setelah melakukan kajian terhadap kegiatan yang berpotensi dilaksanakan menggunakan dukungan dana keistimewaan, Pemerintah Kota Yogyakarta kemudian merevisi usulan menjadi Rp 70 miliar. Dana keistimewaan tersebut kemudian akan dikelola oleh Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta sesuai penetapan organisasi pemerintah daerah yang akan berlaku pada 2017.

Selain dana keistimewaan, Dinas Kebudayaan juga akan memperoleh anggaran dari APBD Kota Yogyakarta sebesar Rp 3 miliar, sehingga total anggaran yang akan dikelola Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta mencapai Rp 13 miliar.

(Oleh : Red.NRMnews.com – Lola C – Editor : A.Dody.R)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s