Beranda

“…Demo 4 November, Polri Siap Kawal Aksi…”


"...Ilustrasi Anggota Kepolisian, saat Pengamanan Aksi Unjuk Rasa..." Photo By : Red.NRMnews.com

“…Ilustrasi Anggota Kepolisian, saat Pengamanan Aksi Unjuk Rasa…” Photo By : Red.NRMnews.com

“…NRMnew.com – JAKARTA, Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Hubungan Masyarakat, Brigjen Pol Agus Rianto mengatakan pihak kepolisian siap melayani dan mengawal aksi unjuk rasa yang akan berlangsung pada Jumat (04/11/2016) mendatang.

Rencananya, massa Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Islam akan menggelar aksi secara besar-besaran terkait dugaan penistaan agama oleh Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

“…Kami siap mengawal dan melayani kegiatan masyarakat termasuk unjuk rasa. Semoga semua berlangsung aman, tertib dan lancar. Semoga masyarakat Indonesia menjaga situasi kondusif…”, kata Brigjen Pol Agus Rianto, dalam perbincangan bersama Radio Republik Indonesia, Minggu (30/10/2016).

Brigjen Agus Rianto mempersilahkan masyarakat untuk menggelar aksi unjuk rasa untuk menyampaikan aspirasi. Kegiatan demonstrasi diatur di dalam Undang-Undang. Unjuk rasa tidak boleh memecah belah persatuan, mengganggu kepentingan umum apalagi anarkis.

Salah satu tujuan, syarat melapor 3 x 24 jam kepada pihak kepolisian sebelum aksi unjuk rasa, selain untuk melayani dan mengawal pengunjuk rasa juga untuk memfasilitasi antara pengunjuk rasa dengan pihak yang didatangi.

“…Kalau lapor kan kita bisa berkoordinasi dengan tujuan teman-teman yang berunjuk rasa misal ke kementerian supaya ada yang menerima sehingga menampung pengunjuk rasa…”. Apabila pengunjuk rasa anarkis, pihak kepolisian tidak segan-segan untuk menindaktegas. Namun sebelum diambil tindakan tegas, akan dilakukan pendekatan secara persuasif.

“…Kalau terjadi diluar ketentuan berlaku, kami ingatkan korlap kembali kepada Undang-Undang. Seandainya tidak, kami ambil tindakan tegas. Belum tentu yang ingin dicapai pengunjuk rasa sesuai dengan yang direncanakan. Kita tidak ingin pengunjuk rasa disusupi atau ditunggangi oleh pihak yang tidak bertanggungjawab…”, tegasnya.

(Oleh : Red NRMnews.com / Fajar S. – Editor : A. Dody R.)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s