Beranda

“…Dianggap Dapat Merugikan, Kebijakan Satu Harga BBM di Indonesia Perlu Dikaji Ulang


"...Ilustrasi SPBU.." Photo By : Red NRMnews.com

“…Ilustrasi SPBU..” Photo By : Red NRMnews.com

“…NRMnews.com – AMBON Maluku, Anggota komisi B DPRD Maluku, Yulius Pattipeiluhu berharap kepada pemerintah, untuk mengkaji ulang rencana penerapan kebijakan satu harga BBM di Indonesia karena dianggap dapat merugikan.

Sistem seperti ini dapat menimbulkan kerugian keuangan negara karena harus menanggung biaya transportasi menuju titik akhir distribusi, khususnya pada daerah terluar dan terjauh.

“…Kalau menggunakan pendekatan kontinental bisa diterapkan, tetapi untuk sistem antarpulau dan pendistribusiannya sampai ke pulau terluar tentu membutuhkan biaya tinggi…”, kata anggota komisi B DPRD Maluku, Yulius Pattipeiluhu, di Ambon, Senin (31/10/2016).

Ia juga menegaskan bahwa provinsi Maluku, Maluku Utara, Papua, dan beberapa provinsi lain di Indonesia memiliki wilayah dengan penyebaran pulau serta tantangan geografis-topografis yang tidak bisa dibilang mudah dan murah untuk ditanggulangi.

Anggota komisi B DPRD Maluku Yulius Pattipeiluhu tersebut mencotohkan bahwa harga BBM jenis bensin di Pulau Saparua saat ini mencapai Rp 8.000 per liter, padahal secara geografis letak pulau itu dari Pulau Ambon tidak terlalu jauh. Apalagi di Kabupaten Maluku Barat Daya, Provinsi Maluku, yang begitu jauh dan harga BBM jenis bensin mencapai belasan ribu rupiah.

“…Tidak mungkin ribuan ton BBM diangkut pesawat udara sehingga harganya bisa murah untuk daerah terpencil, belum lagi kalau beredar rumor kelangkaan BBM maka orang akan berbondong-bondong mencari dengan konsekuensi harga semakin tinggi…”, kata Pattipeiluhu.

Sebelumnya Menteri ESDM Ignasius Jonan menargetkan pelaksanaan kebijakan satu harga bahan bakar minyak di seluruh Indonesia akan efektif mulai 2017. Menurut dia, arahan Presiden Joko Widodo untuk membuat satu harga BBM di seluruh Indonesia merupakan terobosan yang luar biasa.

“…Pelaksanaan kebijakan ini akan efektif berjalan tahun depan setelah peraturannya selesai dibuat…” kata Menteri ESDM Ignasius Jonan dalam rilis yang dikutip di Jakarta, pekan lalu.

“…Harga BBM dari Sabang sampai Merauke dan dari Miangas sampai Pulau Rote akan sama semua, sehingga saudara-saudara kita di seluruh Indonesia dapat menikmati harga BBM yang sama…”, katanya.

(Oleh : Red.NRMnews.com / Dwi Pravita – Editor : A.Dody.R)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s