Beranda

“…Ketua MPR RI Zulkifli Hasan : Pasca Reformasi Muncul Beragam Peraturan Yang Tidak Sesuai Pancasila…”


"...Ketua MPR, Zulfikli Hasan..." Photo By : Red NRMnews.com

“…Ketua MPR, Zulfikli Hasan…” Photo By : Red NRMnews.com

“…NRMnews.com – JAKARTA, “…Masyarakat menjadi pemegang kedaulatan, tetapi reformasi juga menyisakan dua pekerjaan rumah yang pelik yaitu kesenjangan dan pudarnya nilai-nilai kebangsaan…”.

Demikian dikatakan Ketua MPR RI Zulkifli Hasan dalam FGD bertema Pancasila di Jakarta, baru-baru ini.

Ia juga mengatakan bahwa pasca reformasi 1998, Indonesia melewati tahapan demokrasi dengan baik, namun reformasi juga menyisakan dua pekerjaan rumah yang pelik.

Beliau menambahkan bahwa selain masalah disorientasi, muncul juga beragam produk peraturan yang tidak sesuai dengan Pancasila, mulai dari UU hingga peraturan daerah.

Untuk mengantisipasi kemungkinan yang lebih buruk, MPR diperintahkan oleh undang-undang untuk melaksanakan sosialisasi Empat Pilar MPR RI.

Zulkifli menilai, saat ini banyak pemimpin yang mengalami disorientasi, di mana mereka tidak tahu tujuan menjadi kepala daerah sehingga hanya berusaha mempertahankan kekuasaan dan memperkaya diri. “…Padahal saat dilantik, setiap kepala daerah menyatakan sumpah dan janji untuk selalu taat pada konstitusi dan peraturan perundangan yang berlaku…” ujarnya.

Ia berharap, jangan sampai sosialisasi Empat Pilar selama ini membosankan, oleh karena itu, perlu pengkajian agar metode yang dipakai sesuai dengan era kekinian, gampang diterima, dicerna dan dilaksanakan.

“…Tetapi MPR tidak mungkin melaksanakannya sendiri. Harus ada lembaga dan metode yang tepat untuk mensosialisasikan empat pilar. Tidak mungkin MPR menyampaikan empat pilar menggunakan metode doktrinasi…”, tutup Zulkifli.

(Oleh : Red.NRMnews.com / Pringga W – Editor : A.Dody.R)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s