Beranda

“…Indonesia Tidak Waspada Terhadap Serangan Siber…”


"...Ilustrasi Penguna Layanan Online Via Internet..."

“…Ilustrasi Penguna Layanan Online Via Internet…”

“…NRMnews.com – JAKARTA, Ketua Lembaga Riset Keamanan Cyber dan Komunikasi atau Communication and Information System Security Research Centre (CISSReC), Pratama Persada mengatakan Indonesia tidak sadar setiap hari ada serangan cyber. Padahal negara lain sudah mengantisipasi serangan cyber.

“…Kita tidak sadar perang cyber setiap hari dan ini nyata. Negara lain, terutama yang memiliki lembaga cyber mengantisipasinya tetapi kalau Indonesia hanya bisa tau ada serangan dan itu karena laporan…”, kata Pratama Persada, dalam perbincangan bersama Radio Republik Indonesia, Senin (31/10/2016).

Masyarakat juga dinilai terlena tanpa menyadari adanya serangan. Padahal negara lain melakukan serangan cyber untuk mendapatkan informasi seperti informasi tentang ekonomi, teknologi. Masyarakat terlena dengan layanan gratis seperti email gratis.

Dengan layanan gratis, secara tidak langsung telah memberikan data-data pribadi kepada penyedia layanan.  Negara lain, kata Pratama, juga melakukan kegiatan ilegal untuk mendapatkan informasi. Masuk ke jaringan informasi ke negara lain atau perusahaan lain.

“…Kita terlena karena kita selama ini masih fine-fine saja. Padahal informasi yang kita terima menjadi incaran negara lain. Negara lain berlomba-lomba mengambil informasi strategis di Indonesia dengan tujuan untuk menaklukan Indonesia, mengambil alih Indonesia dari sisi teknologi informasi. Dampak akhirnya kesiapapun yang menguasai informasi adalah sang pemenang…”.

“…Kita sekarang dilenakan pemberian gratisan, email gratis. Apapun gratis, yang ujung-ujungnya kita memberikan informasi kepada penyedia layanan tersebut. Pengguna kan tidak hanya masyarakat sipil biasa tetapi juga digunakan oleh pemerintah kita, diplomat kita, pejabat militer. E-mail gratisan untuk berkomunikasi diplomat kita. Ini sama saja kita memberikan informasi ke pihak asing. Mereka akan analisis, suatu saat digunakan akan menyerang kita…”, tegasnya.

(Oleh : Red NRMnews.com / Dwi Pravita – Editor : A. Dody R.)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s