Beranda

“…Hingga September, 8,36 Juta Turis Kunjungi Indonesia…”


"...Gedung Kantor Kemenparekraf RI, Jakarta..." Photo By : Red. NRMnews.com

“…Gedung Kantor Kemenparekraf RI, Jakarta…” Photo By : Red. NRMnews.com

“…NRMnews.com – JAKARTA, Indonesia dikunjungi 8,36 juta wisatawan mancanegara sepanjang Januari hingga September 2016 atau tumbuh 8,5 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis, mengatakan capaian kunjungan wisman pada Januari hingga September 2016 sebesar 8,36 juta wisman semakin menguatkan keyakinan akan tercapainya target 12 juta wisman hingga akhir tahun ini.

“…Selama tiga bulan berturut-turut yakni Juli, Agustus, dan September 2016 jumlah kunjungan wisman menembus angka di atas 1 juta wisman. Kita harapkan pada Oktober, November, dan Desember akan meningkat lagi…”, katanya.

Tercatat jumlah kunjungan wisman ke Indonesia pada September 2016 mencapai 1.006.653 orang atau mengalami peningkatan sebesar 9,40 persen dibandingkan dengan September 2015 yang berjumlah 920.128 wisman.

Data BPS dan Asdep Penelitian dan Pengembangan Kebijakan Kepariwisataan, Deputi Bidang Pengembangan Kelembagaan Kepariwisataan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menyebutkan secara kumulatif kunjungan wisman pada Januari hingga September 2016 mencapai 8.362.963 orang atau meningkat sebesar 8,51 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yang 7.707.034 wisman.

Menpar Arief Yahya menjelaskan upaya untuk meningkatkan kunjungan wisman di penghujung tahun, antara lain dengan memperbanyak kegiatan-kegiatan menarik, terutama di tiga pintu utama (great) Bali, great Jakarta, dan great Batam.

Begitu pula Bintan, Kepulauan Riau, yang pada November-Desember 2016 akan menjadi tuan rumah sejumlah kegiatan sport tourism dan entertaintment bertaraf internasional yang diharapkan akan menarik banyak wisman dari Singapura dan Malaysia. Tahun ini, Great Batam/Bintan menargetkan kunjungan 2,5 juta wisman.

Menurut Arief, Pulau Bintan memang merupakan satu di antara destinasi wisata yang potensial untuk wisata daerah perbatasan. Destinasi lain wisata daerah perbatasan adalah Manado, Papua, Entikong, dan Atambua.

(Oleh : Red NRMnews.com / Dwi Pravita – Editor : A. Dody R.)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s