Beranda

“…Pengunjuk Rasa 4 November Bergerak dari Istiqlal ke Balaikota Jakarta…’


"...Ribuan Anggota Ormas Islam saat Unjuk Rasa Terkait Pernyataan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Jum'at (04/11/2016),..." Photo By : Red.NRMnews.com

“…Ribuan Anggota Ormas Islam saat Unjuk Rasa Terkait Pernyataan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Jum’at (04/11/2016),…” Photo By : Red.NRMnews.com

“…NRMnews.com – JAKARTA, Usai melaksanakan sholat Jumat, Pengunjuk rasa 4 November bergerak dari Masjid Istiqlal, Jakarta menuju Balai Kota.

Para pengunjuk rasa ini mendesak kepastian hukum terkait dugaan penistaan agama oleh Basuki Tjahaja Purnama. Usai melakukan shalat Jumat di Istiqlal, massa unjuk rasa berduyun-duyun melakukan long march ke sejumlah tempat tujuan, salah satunya Balai Kota.

Nampak jamaah memadati jalan menuju Balai Kota seperti unsur masyarakat dari One Day One Juz, GNPF-MUI, Adz zikra, Forkammi, FUI, FPI, GPK dan lainnya. Sembari berjalan mereka bertakbir, bershalawat dan melantunkan puji-pujian.

Jamaah yang sebagian besar mengenakan busana serba putih itu sudah berdatangan memadati Istiqlal sejak Kamis (03/11/2016) malam. Istiqlal menjadi salah satu titik kumpul jamaah sebelum melangsungkan demonstrasi pada Jumat siang setelah shalat Jumat.

Dalam tuntutan massa pengunjuk rasa, mereka mendesak penegakkan hukum terkait dugaan penistaan agama. Terdapat juga aspirasi demonstran yang menginginkan pengamalan nilai Al quran secara konsisten oleh masyarakat Indonesia dan juga promosi tentang Islam sebagai agama yang damai.

Sejumlah ormas memang menyatakan diri bergabung dalam unjuk rasa 4 November. Kendati begitu, terdapat juga ormas yang menyatakan secara kelembagaan tidak berpartisipasi secara langsung dalam aksi massa itu.

Muhammadiyah, Nahdlatul Ulama dan Majelis Ulama Indonesia merupakan ormas dan institusi keagamaan yang secara kelembagaan menolak jika atribut organisasi dibawa dalam aksi demonstrasi.

Kendati demikian, ormas keagamaan tersebut tidak melarang warganya jika turut serta dalam unjuk rasa tersebut dengan mengatasnamakan pribadi, bukan kelembagaan. Alasannya, demonstrasi adalah hak setiap masyarakat yang dijamin negara, selama dilakukan dengan aman, rertib dan damai.

(Oleh: NRMnews.com / Alam YK – Editor : A. Dody R.)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s