Beranda

“…IPB Nilai Minat Anak Muda Terhadap Bidang Pertanian Menurun…”


"...Institut Pertanian Bogor / IPB..." Photo By : Red NRMnews.com

“…Institut Pertanian Bogor / IPB…” Photo By : Red NRMnews.com

“…NRMnews.com – Jakarta, Tren minat generasi muda terhadap pertanian mulai menurun. “Saya melihat trennya menurun. Sudah lima tahun terakhir menurun,” kata Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Institut Pertanian Bogor (IPB) Yonny Koesmaryono, dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Sabtu (5/11/2016).

Dia menekankan tren penurunan tersebut bukan dari IPB melainkan dilihat secara nasional selama lima tahun belakangan. “Tren ini secara nasional agak-agak menurun, penurunnya persentasenya agak melandai begitu,” kata Yonny. Dia mengemukakan penurunan minat calon mahasiswa di bidang pertanian dan peternakan harus menjadi perhatian khusus dan harus ditangani serius oleh pemerintah.

“Ini harus jadi perhatian kita semua, karena di satu sisi kita harus kedaulatan pangan kecukupan pangan, tapi generasi muda yang menangani itu makin sedikit,” kata dia. Dia berharap pemerintah mulai melakukan kebijakan-kebijakan terkait nilai tukar pertanian dan peternakan serta pemberian intensif-intensif untuk meningkatkan kesejahteraan di bidang tersebut.

Dengan begitu bisa menambah daya tarik calon mahasiswa yang kuliah di bidang pertanian, peternakan, perikanan dan setelah lulus bekerja di bidangnya untuk membangun Indonesia. Selain itu Yonny juga menyebut pemberian beasiswa pada mahasiswa di bidang pertanian juga bisa menjadi daya tarik untuk kembali meningkatkan minat generasi muda.

(Oleh: NRMnews.com/ Alam YK. -Editor/A. Dody R.)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s