Beranda

“…Irjen Kemhukham Berikan Nomor Pengaduan Pungli…”


"...Ilustrasi Gedung Kementerian Hukum dan HAM..." Photo By : Red. NRMnews.com

“…Ilustrasi Gedung Kementerian Hukum dan HAM…” Photo By : Red. NRMnews.com

“…NRMnews.com – JAKARTA, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) membentuk satuan unit khusus untuk memberantas pungutan liar (pungli).

“…Langsung (kerja) hari ini, cuma tidak digembar-gemborkan. Pelayanan publik itu misalnya, orang membesuk diminta duit Rp 10 ribu, orang mengurus paspor diminta juga, itu yang mau diselesaikan…”.

Demikian dikatakan Ketua Unit Pengaduan Pungli Kemenkumham yang juga menjabat sebagai Inspektur Jenderal (Irjen) Kemenkumham Aidir Amin Daud.

Tim tersebut beranggotakan Irjen Kemenkumham, Dirjen Pemasyarakatan I Wayan Dusak, Dirjen Imigrasi Ronny F Sompie, Dirjen Kekayaan Intelektual yang saat ini pelaksana tugasnya juga dipegang oleh Aidir Amin Daud, Dirjen Administrasi Hukum Umum (AHU) Freddy Harris, sedangkan Menkumham Yasonna H Laoly menjadi penasihat.

Terkait pelantikan itu, Kemenkumham melakukan teleconferance dengan Unit Pelaksana Tugas (UPT) di seluruh Indonesia untuk sosialisasi program tersebut. “…Yang ingin kita sampaikan penindakan dan penegasan yang disampaikan pak menteri, kita ingatkan lagi bahwa ini sudah tidak ada toleransi…”, tambah Aidir.

Salah satu sanksi yang akan diberikan bila ada pegawai yang terbukti melakukan pungli menurut Aidir adalah pemecatan. “…Pak Menteri sudah bilang akan ditindak tegas, akan dilakukan pemecatan jika tertangkap, tapi tentu ada tahapannya. Mungkin ada yang langsung dipecat, yang lebih sedikit (perbuatannya) mungkin diberi hukuman disiplin, kalau narkoba tentu kita pecat, sudah ada 21 orang yang dipecat…”, ungkap Aidir.

Aidir juga memberikan nomor pelayanan masyarakat untuk pengaduan pungli di unit Kementrian Hukum dan HAM. Nomor pengaduan itu adalah Mentri Hukum dan HAM 08111377801, Sekentaris Jendral 08111377802, Inspektur Jendral 08111377803, Dirjen Pemasyarakatan 08111377804, Dirjen Administrasi Hukum Umum 08111377805, Dirjen Kekayaan Intelektual 08111377806 dan Dirjen Imigrasi 08111804700.

(Oleh : Red NRMnews.com / Dwi Pravita – Editor : A. Dody R.)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s