Beranda

“…Persaingan Trump-Hillary Semakin Sengit…”


"...Calon Presiden Amerika Serikat, Mrs Hillary Clinton..." Photo By : Red. NRMnews.com

“…Salah Satu Calon Presiden Amerika Serikat, Mrs Hillary Clinton…” Photo By : Red. NRMnews.com

“…NRMnews.com – WASHINGTON, Pertarungan menuju penguasa Gedung Putih berikutnya antara calon presiden dari Partai Republik Donald Trump melawan calon presiden dari Partai Demokrat Hillary Clinton semakin sengit setelah beberapa negara bagian dengan suara mengambang yang harus dimenangkan Trump yang semula mendukung Hillary berubah menjadi massa mengambang kembali.

Dalam survei terbaru Reuters/Ipsos, kedua calon presiden kini seri di Florida dan North Carolina, namun Hillary memimpin tipis di Michigan. Kedua kandidat bertarung sengit memperebutkan Ohio, tapi Hillary dipastikan akan memenangkan Pennsylvania. Trump tengah menuju rute menang, khususnya jika ada penurunan pemilih Afrika-Amerika dari level Pemilu 2012.

Kendati begitu, Trump tetap harus memenangkan Florida dan North Carolina.  Menurut perkiraan States of the Nation Project, Hillary diprediksi 90 persen memenangkan 270 suara elektoral yang dibutuhkan untuk menjadi pemenang Pemilu. Kemungkinan itu turun dari 95 persen yang dicapai pekan lalu.

Jika Pemilu diadakan hari ini, maka Hillary akan meraup 256 suara elektoral dan maksimal 302 suara elektoral, sedangkan Trump hanya 236 suara elektoral. Pekan lalu Hillary diperkirakan mendapatkan 278 suara elektoral dan total suara elektoral 320, sedangkan Trump 218 suara elektoral.

States of the Nation Project oleh Reuters/Ipsos itu adalah survei terhadap 15.000 orang setiap pekan dari seluruh 50 negara bagian, plus Washington D.C. Pada tracking poll harian Reuters/Ipsos dari 28 Oktober sampai 1 November, Hillary memimpin Trump sampai 6 persen poin atau marjin yang sama sebelum FBI mengumumkan investigasi email terbaru.

Hillary patut khawatir karena di antara pemilih yang sudah memberikan suara pada pemungutan suara dini, dia hanya memimpin Trump dengan marjin 8 persen. Padahal pada Pemilu 2012, Presiden Barack Obama memimpin 11 persen dari lawannya ketika itu Mitt Romney. Selisih Obama-Romney ini kemudian menipis menjadi 6 poin sehari sebelum pemugutan suara.

(Oleh : Red NRMnews.com / Fajar S. – Editor : A. Dody R.)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s