Beranda

“…Ketua PBNU, Said Aqil Siradj : Tidak Tepat Menstigma Aksi Damai 4/11, Ditunggangi Kelompok Tertentu…”


"...Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj (Tengah) dan Para Tokoh Nu, saat Memberikan Keterangan Persnya..." Photo By : Red NRMnews.com

“…Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj (Tengah) dan Para Tokoh Nu, saat Memberikan Keterangan Persnya…” Photo By : Red NRMnews.com

“…NRMnews.com – JAKARTA, Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, Said Aqil Siradj mengapresiasi aksi unjuk rasa pada Jumat (04/11/2016) lalu yang berjalan relatif tertib dan damai.

Ia menilai aksi tersebut merupakan bagian dari cara berdemokrasi yang beradab. Said Aqil menilai demonstran memiliki niat yang tulus untuk menuntut proses hukum terhadap calon Gubernur DKI Jakarta Nomor Urut 2 Basuki Tjahaja Purnama atas dugaan penistaan agama.

Ia meminta unjuk rasa tersebut, tidak dikaitkan dengan kepentingan kelompok tertentu. Sebagaimana yang disampaikan sebelumnya oleh Presiden yang menyesalkan kejadian anarkis di malam harinya. Presiden menyebut kerusuhan satu jam setelah demonstrasi ditunggangi oleh aktor politik.

“…Tidak tepat untuk menstigma bahwa aksi damai 4/11 ditunggangi oleh kelompok-kelompok tertentu. Lebih bijaksana bagi semua pihak hendaknya mengambil pelajaran dari aksi damai 4/11 tersebut…”, kata Said Aqil membacakan pernyataan sikap PBNU kepada wartawan, di Kantor PBNU, Jakarta Pusat, Senin (07/11/2016).

Di sisi lain, ia menyesalkan sikap pemerintah yang lambat melakukan komunikasi dengan rakyat. “…Menyayangkan kelambanan pemerintah dalam melakukan komunikasi politik dengan rakyatnya, dan Mendesak kepada pemerintah untuk segera melakukan dialog yang lebih intensif dengan seluruh lintas tokoh pemuka agama sehingga terbangun suasana yang kondusif…”, ucap Said Aqil.

Said Aqil mengaku turut membacakan pernyataan sikap itu kepada Presiden dalam pertemuan yang berlangsung tertutup. Aksi unjuk rasa pada Jumat lalu di sekitar Istana awalnya berjalan damai hingga pukul 18.00 WIB. Namun pada malam harinya, bentrok terjadi antara kepolisian dan sebagian pendemo yang belum membubarkan diri.

Presiden Jokowi yang siang harinya meninjau proyek infrastruktur di Bandara Soekarno-Hatta, baru kembali ke Istana setelah kerusuhan mampu diredam. Akibat Presiden tak ada di Istana, negosiasi perwakilan pendemo dengan pemerintah sempat alot.

Pendemo menolak bertemu dengan Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Wiranto. Akhirnya setelah negosiasi lebih jauh, pendemo setuju bertemu dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

(Oleh : Red NRMnews.com / Alam Y.K – Editor : A. Dody R.)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s