Beranda

“…Fadli Zon dan Fahri Hamzah Dilaporkan Ke MKD Terkait Pernyataan Saat Demo 4 November…”


"...Ribuan Anggota Ormas Islam saat Unjuk Rasa Terkait Pernyataan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Jum'at (04/11/2016),..." Photo By : Red.NRMnews.com

“…Ribuan Anggota Ormas Islam saat Unjuk Rasa Terkait Pernyataan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Jum’at (04/11/2016),…” Photo By : Red.NRMnews.com

“…NRMnews.com – JAKARTA, Keikutsertaan Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah dan Fadli Zon dalam aksi demonstrasi tanggal 4 November 2016 menyebabkan keduanya dilaporkan Sekretariat Nasional Komite Penegakan Pro Justicia ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) karena dinilai melanggar kode etik DPR dan Undang-undang No.17/2014 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD.

“UU MD3 salah satunya mengamanatkan bahwa anggota DPR wajib memelihara kerukunan nasional. Untuk itu kami menyerahkan pengaduan adanya dugaan pelanggaran kode etik ini,” kata kuasa hukum Sekretariat Nasional Komite Penegakan Pro Justicia (KPPJ) yang diwakili oleh Finsen Mendrofa di Gedung Nusantara I, Jakarta, Jumat (11/11).

Poin orasi Fahri dan Fadli saat aksi damai 4 November dianggap “bertujuan menggulingkan atau menjatuhkan Pemerintahan Presiden Joko Widodo.” Dalam orasinya, menurut Finsen, Fahri mengatakan ada dua jalan untuk menurunkan Presiden Joko Widodo yaitu melalui parlemen ruangan dan parlemen jalanan.

Secara utuh pernyataannya sudah kami lampirkan sebagai bukti,” ujarnya. Ia menilai tidak pantas dan tidak etis bagi seorang wakil rakyat berbicara seperti itu, apalagi di depan massa yang begitu banyak. Ia mengatakan Fahri diduga melanggar kode etik dewan dan Undang-Undang tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD. “Sebagai anggota DPR wajib berada di atas semua golongan, tidak pada golongan tertentu agar tidak mencederai institusi DPR atau lembaga tinggi negara ini,” katanya.

“Kami sudah kumpulkan bukti bahwa ini terkesan mencederai institusi lembaga tinggi negara,” katanya. Finsen berharap MKD memverifikasi laporan dan bukti-bukti yang disampaikan KPPJ serta memprosesnya.

(Oleh : Red NRMnews.com / Dwi Pravita – Editor : A. Dody R.)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s