Beranda

“…PB HMI, Laporkan Kapolda Metro Jaya ke Divisi Profesi dan Pengamanan Kepolisian Indonesia…”


"...Kantor Pusat Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam, Jakarta..."

“…Kantor Pusat Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam, Jakarta…”

“…NRMnews.com – JAKARTA, Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) melaporkan Kepala Polda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Polisi M Iriawan, ke Divisi Profesi dan Pengamanan Kepolisian Indonesia karena diduga mengucapkan ucapan-ucapan provokatif saat aksi unjuk rasa 4 November 2016 lalu.

Kapolda mengucapkan provokasi berupa perintah untuk mengejar dan memukuli HMI, dan menuduh himpunan tersebut sebagai provokator kerusuhan aksi unjuk rasa 4 November lalu.

“…Kedatangan kami untuk melaporkan Kapolda Metro Jaya atas pernyataannya yang dinilai provokatif, menghasut dan mencemarkan nama baik HMI melalui video yang telah beredar…”.

Demikian dikatakan Ketua Umum PB HMI, Mulyadi P Tamsir, di Markas Kepolisian Indonesia, Jakarta, Jumat (11/11/2016). Menurut Tamsir, di dalam video tersebut, Iriawan mengucapkan kata-kata yang provokatif.

“…Kejar HMI, pukuli dia, dia provokatornya…”, kata dia, menirukan ucapan sang jenderal polisi itu. Ia menilai ucapan Iriawan itu mengakibatkan mereka merasa diadu-domba dan dihasut atas demonstrasi yang berakhir ricuh itu.

“…Kami berharap Mabes Polri dapat menindaklanjuti laporan ini karena ini sudah melanggar etika seorang aparat negara dan aparat hukum…”, tuturnya. Pihaknya menilai Kapolda Metro Jaya disangkakan telah melanggar Pasal 160 KUHP tentang Penghasutan dan Pasal 310 KUHP tentang pencemaran nama baik.

Sementara itu, tim kuasa hukum PB HMI, Muhammad Syukurmandar, menyatakan, dalam laporan tersebut, pihaknya juga telah menyerahkan bukti berupa video yang beredar dan menjadi viral di media sosial serta beberapa foto saat aksi unjuk rasa tersebut.

“…Kami juga telah menyiapkan saksi dari kader-kader HMI yang berada dekat dengan Kapolda Metro Jaya saat kejadian tersebut…”, kata dia.

(Oleh : Red NRMnews.com / Fajar S. – Editor : A. Dody R.)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s