Beranda

“….Presiden Korsel Dituntut Mengundurkan Diri….”


"...Puluhan Ribu Demonstran, saat Menuntut Pengunduran Diri Presiden Korea Selatan, Park Geun Hye...."

“…Puluhan Ribu Demonstran, saat Menuntut Pengunduran Diri Presiden Korea Selatan, Park Geun Hye….”

“…NRMnews.com – SEOUL, Puluhan ribu orang berkumpul di pusat kota Seoul pada Sabtu dalam demonstrasi terkini untuk menuntut pengunduran diri Presiden Korea Selatan Park Geun-hye di tengah skandal yang melibatkan orang kepercayaannya.

Polisi memperkirakan sekitar 170.000 orang akan mengikuti aksi unjuk rasa di lapangan dekat Balai Kota Seoul, sementara penyelenggara meramalkan sampai satu juta orang akan ikut berdemonstrasi.

Demo ini diperkirakan menjadi demonstrasi terbesar yang pernah digelar di Korea Selatan dalam satu abad terakhir. Polisi berencana mengerahkan sekitar 25.000 aparat untuk mencegah potensi kerusuhan.

Tiga partai oposisi ikut dalam aksi itu, bersama beberapa bakal calon presiden potensial, termasuk Wali Kota Seoul Park Won-soon dari Partai Demokrat. Rekor unjuk rasa sebelumnya dicetak pada Juni 2008 ketika 80.000 orang, menurut perhitungan polisi, berdemonstasi di Seoul menentang keputusan pemerintah melanjutkan impor daging sapi dari Amerika Serikat.

Unjuk rasa Sabtu, yang diselenggarakan oleh 1.500 lebih kelompok sipil, merupakan rangkaian aksi protes terhadap Park yang kepemimpinannya diguncang kecurigaan bahwa dia membiarkan kawan lamanya Choi Soon-sil menyalahgunakan kekuasaan di balik layar.

Choi dituduh mencampuri urusan negara, mendapat akses ke dokumen-dokumen rahasia presiden, mempengaruhi penunjukan personel dan meminta para konglomerat mendanai yayasan-yayasan yang dia kendalikan. Park sejauh ini sudah menyampaikan dua kali permintaan maaf ke publik, namun tampaknya gagal menenangkan kemarahan publik terkait skandal tersebut.

(Oleh: Red NRMnews.com / Lola C. – Editor : A. Dody R.)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s