Beranda

“…KSPI : Upah Meningkat, Tapi Daya Beli Buruh Menurun…”


"...Ilustrasi Buruh Pekerja..." Photo By : Red NRMnews.com

“…Ilustrasi Buruh Pekerja…” Photo By : Red NRMnews.com

“…NRMnews.com – JAKARTA, Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal, kenaikan UMP setiap tahunnya tidak berdasarkan peningkatan harga bahan pokok.

Sehingga dengan adanya kenaikan UMP yang dianggap rendah, tidak diikuti dengan meningkatnya daya beli buruh.

Berdasarkan PP Nomor 78 Tahun 2015, kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) didasarkan pada inflasi September tahun sebelumnya dan tahun berjalan alias year on year (yoy) dan juga mempertimbangkan Produk Domestik Bruto (PDB) tertinggi provinsi.

“…Peningkatan UMP tidak seiring atau lebih rendah dari peningkatan harga yang melambung. Kalau upah meningkat tapi daya beli turun, maka upah lebih rendah itu membuat daya beli turun…”, ujar Iqbal, di Jakarta, Minggu (13/11/2016).

Iqbal menambahkan, kenaikan UMP tahun 2016 membuat daya beli buruh menurun ke level 49%. Dibandingkan tahun lalu, daya beli buruh masih berada di level 63%. “…Faktanya upah meningkat tapi daya beli buruh menurun. Daya beli tahun lalu 63%, tahun ini hanya 49%…”, kata Iqbal.

Kenaikan kebutuhan yang paling dirasakan buruh setiap tahun utamanya adalah bahan pangan. Selain itu, kenaikan ongkos transportasi dan biaya kredit rumah juga membuat buruh merasa tidak puas akan kenaikan UMP yang terjadi setiap tahun.

“…Terutama makanan, juga transportasi dan rumah. Harga rumah misalnya harga rumah Rp 120 juta, uang muka 30% berarti Rp 36 juta mana ada yang punya…”, tutup Iqbal.

(Oleh : Red NRMnews.com / Lola C. – Editor : A. Dody R.)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s