Beranda

“…Politikus PDIP, Apresiasi Program Pemerintah bagi Nelayan…”


"...Ilustrasi Kehidupan Nelayan Penangkap Ikan..." Photo By : Red. NRMnews.com

“…Ilustrasi Kehidupan Nelayan Penangkap Ikan…” Photo By : Red. NRMnews.com

“…NRMnews.com – JAKARTA, “…Penilaian kami luar biasa atas pelaksanaan program ini…”.

Demikian dikatakan Anggota Komisi IV DPR RI, Dardiansyah, saat mengapresiasi sejumlah program yang telah dilakukan pemerintah bagi nelayan, seperti penyebaran kartu asuransi nelayan di berbagai daerah dalam keterangan tertulisnya di Jakarta baru-baru ini.

Politikus PDIP itu mengemukakan bahwa pemerintah dengan memberikan kartu asuransi yang memberikan jaminan risiko kerja bagi para nelayan dinilai telah memberikan perhatian kepada kesejahteraan nelayan.

Sebelumnya, Koalisi Rakyat untuk Keadilan Perikanan (Kiara) meminta pemerintah lebih gencar menyosialisasikan program asuransi jiwa dan perikanan untuk masyarakat pesisir baik itu nelayan, pembudidaya ikan, maupun petambak garam.

“…Kementerian Kelautan dan Perikanan bersama-sama dengan pemerintah provinsi dan kabupaten atau kota perlu memperbaiki kinerjanya berkenaan dengan tahapan pelaksanaan program asuransi jiwa dan asuransi perikanan…”, kata Sekretaris Jenderal Kiara Abdul Halim.

“…Dengan perbaikan kinerja Kementerian Kelautan dan daerah, penyelenggaraan program asuransi jiwa dan perikanan akan menjangkau dan memberikan manfaat secara langsung kepada 2,7 juta jiwa nelayan, 3 juta jiwa perempuan nelayan, 3,5 juta jiwa pembudidaya ikan, dan 3 juta petambak garam hingga akhir tahun 2018…”, ujar Abdul Halim.

Sejumlah daerah di Tanah Air memang telah melakukan pendataan terhadap para nelayan yang terdapat di daerah tersebut agar mereka dapat didaftarkan guna mendapat asuransi nelayan.

Dia memaparkan, Pasal 33 ayat (2) UU No. 7/2016 memerintahkan kepada pemerintah pusat dan daerah untuk proaktif memfasilitasi nelayan, perempuan nelayan, pembudidaya ikan, dan petambak garam antara lain untuk memperoleh kemudahan pendaftaran untuk menjadi peserta, serta kemudahan akses terhadap perusahaan asuransi.

Selain itu, lanjutnya, pasal tersebut juga menyoroti pentingnya sosialisasi program asuransi terhadap nelayan, pembudidaya ikan, petambak garam, dan perusahaan asuransi, serta bantuan pembayaran premi asuransi tersebut sesuai dengan kemampuan keuangan negara.

(Oleh : Red.NRMnews.com / Eka Santhika – Editor : A.Dody.R)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s