Beranda

“…Pemerintah Masih Mengkaji, Kantor Layanan Publik Tetap Buka Dihari Libur…”


"...Ilustrasi Kantor Layanan Publik..." Photo By : Red.NRMnews.com

“…Ilustrasi Kantor Layanan Publik…” Photo By : Red.NRMnews.com

“…NRMnews.com – JAKARTA, Pemerintah kini  tengah berupaya mengkaji kemungkinan tetap dibukanya instansi pelayanan publik  pada akhir pekan.

Alasannya menggingat kondisi pelayanan publik di Indonesia masih menjadi sorotan, membuat langkah tersebut perlu dilakukan untuk meningkatkan efektivitas pelayanan berbagai tempat yang jadi simpul pelayanan masyarakat.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birorasi (Menpan RB) Asman Abnur menuturkan, ada beberapa pelambatan layanan karena terbentur dengan waktu libur.

Padahal, kata dia, banyak peluang yang bisa dilakukan di hari libur itu. Termasuk pelayanan yang dilakukan pada akhir pekan, yakni Sabtu dan Minggu. “…Kajian kami masih jalan untuk tidak meliburkan pelayanan publik di hari Sabtu dan Minggu. Makanya pelayanan tidak boleh berhenti…”.

Demikian dikatakan Menpan RB Asman Abnur saat dimintai keterangannya di sela-sela kunjungan ke Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara, Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (18/11/2016).

Saat ini pelayanan publik yang tetap buka di hari libur, kata dia, sudah dimulai di sejumlah bank. Mereka tetap memberikan layanan di hari Sabtu-Minggu kepada para nasabahnya.

Dia melanjutkan, pihaknya akan mengatur tentang operasional instansi pelayanan publik hari libur tersebut secara cermat dan menyeluruh. “…Intinya kami akan mencobanya. Khususnya instansi yang bergerak di bidang pelayanan. Nanti jelas ada efek yang akan dirasakan…”, ungkapnya.

Selain tidak ada libur untuk pelayanan, Asman juga akan meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Terutama bagi mereka yang berada di ujung tombak pelayanan langsung di masyarakat.

Selain itu, katanya, pihaknya juga membahas mengenai gaji Aparatur Sipil Negara (ASN). Pihaknya menjanjikan akan menaikkan gaji ASN dalam suatu sistem penggajian yang baru yang lebih efektif.

Dengan demikian, kata dia, ada upaya tepat sasaran yang dilakukan oleh pemerintah dalam meningkatkan efektivitas kinerja aparatur. “…Nanti bagi mereka yang malas dan rajin akan diketahui lewat tunjangan kinerjanya, pasti beda kalau dihitung secara rinci…”, ucapnya.

(Oleh : Red.NRMnews.com / Dwi Pravita – Editor : A.Dody.R)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s