Beranda

“…Buruh, Akan Mogok Nasional 2 Desember Mendatang…”


"...Presiden KSPI Said Iqbal..."

“…Presiden KSPI Said Iqbal…”

“…NRMnews.com – JAKARTA, Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) memastikan 1 juta buruh di Indonesia akan melakukan mogok nasional pada 2 Desember 2016.

Aksi ini akan berlangsung di 250 Kabupaten/Kota di 20 Provinsi untuk menyuarakan tiga tuntutan, salah satunya menolak upah murah.

“…Buruh di 250 Kabupaten/Kota di 20 Provinsi sekitar hampir 1 juta buruh akan melakukan mogok nasional dalam bentuk unjuk rasa nasional stop produksi. Aksi ini digelar 2 Desember mendatang, dari sebelumnya direncanakan 25 November ini…”.

Demikian dikatakan Presiden KSPI, Said Iqbal di Jakarta, Senin (21/11/2016).

Khusus buruh se-Jabodetabek dan karawang, Said mengatakan, lebih dari 200 ribu buruh pada saat mogok nasional 2 Desember ini akan bergerak melakukan demo di Istana Negara. Titik kumpul di Bundaran Hotel Indonesia.

“…Sedangkan mogok nasional buruh di 19 Provinsi lainnya dilakukan di kawasan industri dan kantor Gubernur masing-masing…”, ujar dia. Said menuturkan, tiga isu yang akan disuarakan para buruh pada mogok nasional.

Pertama, meminta pemerintah mencabut Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan dan tolak upah murah.

Tuntutan kedua, meminta kenaikan upah minimum 15 persen-20 persen, dan ketiga, penegakan hukum terkait kasus dugaan penistaan agama oleh Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

“…Penjarakan sekarang juga tersangka Ahok penista agama sebagaimana tersangka sebelumnya demi tegaknya supremasi hukum. Isu ini sudah dari 2 bulan lalu diteriakan oleh buruh, termasuk menolak penggusuran dan reklamasi yang merusak lingkungan hidup…”, tegas Said.

Aksi mogok nasional, Said menjanjikan akan berlangsung tertib dan damai karena akan bersamaan dengan aksi Bela Islam Jilid 3. “…Esensi mogok nasional penolakan upah murah, menolak penggusuran dan reklamasi…”, ucap dia.

Said mengaku, aksi pemanasan menjelang mogok nasional akan berlangsung hari ini yang diikuti ribuan buruh di Balaikota, pukul 11.00 dan Gedung Sate Bandung sedang dilakukan unjuk rasa besar-besaran. Aksi serupa akan digelar di Banten, Surabaya, Semarang, Batam, Medan, dan kota besar lainnya.

(Oleh : Red NRMnews.com / Alam Y.K – Editor : A. Dody R.)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s