Beranda

“…Gempa, Goyang Selatan Jawa 9 Kali Selama November…”


"...Ilustrasi Korban Bencana Alam Gempa Bumi..." Photo By : Red NRMnews.com

“…Ilustrasi Korban Bencana Alam Gempa Bumi…” Photo By : Red NRMnews.com

“…NRMnews.com – YOGYAKARTA, Sepanjang November 2016, gempa bumi menggoyang wilayah selatan Jawa sebanyak sembilan kali.

Terakhir, yang cukup parah adalah gempa 6,2 SR yang berpusat di Kabupaten Malang pada 16 November 2016 lalu yang merusak sekitar 44 bangunan.

Kepala Bidang Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Daryono dalam rilisnya menilai aktivitas gempa bumi masih tergolong wajar dan bukan indikasi akan terjadinya peristiwa gempa bumi besar di wilayah Jawa.

Apalagi hingga saat ini, belum ada alat yang bisa memprediksi waktu terjadinya gempa bumi. “…Banyaknya aktivitas gempa bumi merupakan manifestasi pelepasan energi agar tidak terjadi akumulasi tegangan yang dapat memicu terjadinya gempa bumi besar…”, ujar Daryono, pada hari Senin (21/11/2016).

Daryono menerangkan, seringnya gempa melanda di selatan Pulau Jawa adalah karena berdekatan dengan subduksi lempeng aktif. Dalam hal ini, Lempeng Indo-Australia menyusup ke bawah Pulau Jawa dengan laju 74 mm/tahun yang berdampak kepada tingginya aktivitas kegempaan di selatan Jawa.

Namun, ia meminta warga tetap tenang dan tidak terpancing isu perihal akan terjadinya gempa bumi besar dan tsunami. Pernyataan itu untuk menanggapi beredarnya isu di media sosial yang menyebutkan akan terjadi gempa dengan kekuatan 8 SR di selatan Jawa dan berdampak tsunami ke sejumlah kawasan di selatan Yogyakarta.

“…Sejauh ini, hanya ada dua kejadian gempa bumi di antaranya menimbulkan kerusakan, yaitu gempa bumi Pangalengan, Jawa Barat, 6 November 2016, dan gempa bumi Malang, Jawa Timur, 16 November 2016…”, kata Daryono.

Sementara itu, Kepala BMKG Yogyakarta Nyoman Sukanta menambahkan, masyarakat bisa mengakses informasi melalui Official Twitter BMKG D.I.Yogyakarta @bmkgjogja, atau Telp:(0274) 6498383.

“…Masyarakat bisa mengakses di media sosial Twitter. Jangan percaya dengan isu yang tidak bertanggung jawab…”, kata dia. Berikut pesan yang beredar di masyarakat melalui media sosial Whatapps yang dinyatakan tidak benar.

(Oleh: Red NRMnews.com / Dwi Pravita – Editor : A. Dody R.)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s