Beranda

“…BPK Jadi Anggota Panel Auditor Eksternal PBB…”


"...Gedung Kantor Badan Pemeriksa Keuangan..." Photo By : Red NRMnews.com

“…Gedung Kantor Badan Pemeriksa Keuangan…” Photo By : Red NRMnews.com

“…NRMnews.com – JAKARTA, Untuk memperbaiki tata kelola keuangan dalam komunitas PBB, Perserikatan Bangsa-Bangsa membentuk panel pemeriksa keuangan.

Panel ini merupakan forum bagi lembaga pemeriksa yang bertugas sebagai auditor eksternal badan-badan dalam komunitas PBB.

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI kini resmi menjadi anggota panel auditor eksternal tersebut.

“…Partisipasi BPK dalam panel tersebut memberikan manfaat bagi peningkatan kompetensi dan kapasitas BPK sebagai lembaga audit dan sekaligus menunjukkan pengakuan akan peran serta BPK dalam memperbaiki tata kelola keuangan global…”.

Demikian Ketua BPK Harry Azhar Azis dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Selasa (22/11/2016). Delegasi BPK, yang dipimpin Harry, mengikuti pertemuan panel dari 16 hingga 22 November 2016 di markas besar PBB New York, Amerika Serikat.

BPK bersama anggota lain merumuskan rekomendasi kepada PBB di antaranya penerapan standar audit, standar akuntansi baru (IPSAS), penanganan fraud pada implementing partners, kebijakan single audit dan harmonisasi penyusunan laporan keuangan.

Kepala Biro Humas dan Kerja Sama Internasional BPK R. Yudi Ramdan Budiman saat dihubungi Antara mengatakan, keanggotaan di panel auditor eksternal PBB diperoleh karena BPK telah memeriksa salah satu badan PBB yaitu Badan Tenaga Atom Dunia atau dikenal International Atomic Energy Agency (IAEA) mulai tahun ini sampai 2018.

Yudi menyebutkan, panel auditor eksternal PBB tersebut adalah wadah lembaga pemeriksa di PBB yang setiap tahun mengadakan pertemuan untuk menyusun rekomendasi bagi PBB. Anggota panel terdiri dari 11 badan pemeriksa dari 11 negara yang memeriksa sekitar 50 lembaga-lembaga di PBB.

“…Keanggotaan bersifat tetap sepanjang memeriksa badan PBB dan kedudukan strategis karena BPK terlibat dalam perbaikan kinerja PBB ke depannya…”, ujar Yudi.

Sebelumnya, BPK juga dipercaya sebagai auditor badan anti korupsi internasional (International Anti Corruption Academy/IACA) bersama dengan Austria dan Rusia di mana secara khusus IACA memberikan kepercayaan kepada BPK sebagai ketua tim pemeriksa.

(Oleh: NRMnews.com/ Lola C.-Editor/A. Dody R.)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s