Beranda

“…Pemerintah Jepang, Cabut Peringatan Tsunami…”


"...Ilustrasi Pasca Gempa dan Tsunami di Jepang pada 2011 Silam..." Photo By : Red. NRMnews.com

“…Ilustrasi Pasca Gempa dan Tsunami di Jepang pada 2011 Silam…” Photo By : Red. NRMnews.com

“…NRMnews.com – TOKYO, Gempa besar bermagnitudo 6,9 mengguncang Jepang timur laut, Selasa (22/11/2016) pukul 05.59 waktu setempat seperti dirilis badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS).

Laporan awal menyebutkan, kekuatan gempa itu tercatat 7,3 pada skala Richter (SR), tetapi beberapa saat kemudian dikoreksi menjadi 6,9 SR.

Saking kuatnya guncangan itu, otoritas terkait Jepang mengeluarkan peringatan potensi tsunami kepada warga pesisir, yakni bisa mencapai setinggi tiga meter.

Akibat gempa itu pula, operasional pembangkit listrik tenaga nuklir di Fukushima sempat terhenti. Namun, fakta yang terjadi, gelombang tsunami hanya naik sekitar satu meter.

Pemerintah Jepang, Selasa (22/11/2016) siang, mencabut peringatkan tsunami di pesisir timur laut negara itu yang diberlakukan setelah gempa bermagnitudo 6,9 pada pukul 05.59 waktu setempat.

“…Peringatan tentang adanya tsunami telah dicabut…”, kata Badan Meteorologi Jepang dalam sebuah pernyataan yang dirilis pada situs web-nya pada pukul 12.50 wakut setempat atau pukul 10.50 WIB.

Warga telah berbondong-bondong untuk mengungsi dengan menjauhi pesisir pantai dan berlindung di tempat-tempat yang lebih tinggi.

Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) melaporkan, sebelumnya, bahwa pusat gempa tektonik itu gempa berada cukup dangkal yakni 11,3 kilometer di Pasifik, lepas pantai Fukushima.

Gempa terasa hingga mengguncang di gedung-gedung di Tokyo, namun belum ada laporan tentang kerusakan atau warga yang cedera. Juga tak ada kerusakan yang signifikan di PLTN Fukushima.

Pada Maret 2011, Jepang juga diguncang gempat besar yang memicu gelombang tsunami dasyat sehingga lebih dari 18.000 orang tewas atau hilang dan tiga reaktor di PLTN Fukushima rusak.

(Oleh : Red NRMnews.com / Dwi Pravita – Editor : A. Dody R.)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s