Beranda

“…Ahok Diperiksa 9 Jam Terkait Penistaan Agama…”


"...Basuki Tjahja Purnama / Ahok, Gubernur DKI Jakarta..."

“…Basuki Tjahja Purnama / Ahok, Gubernur DKI Jakarta…”

“…NRMnews.com – JAKARTA, Pemeriksaan perdana terhadap Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dalam  statusnya sebagai tersangka kasus penistaan agama telah selesai dilaksanakan di Mabes Polri, Selasa (22/11/2016) lalu.

Ahok diperiksa hampir 9 jam, mulai pukul 09.00 hingga 17.30 WIB untuk menjawab 27 pertanyaan yang diajukan penyidik Bareskrim Mabes Polri.

Setelah diperiksa, Ahok melakukan aksi tutup mulut kepada wartawan, melainkan hanya berdiri sambil menggaruk-garuk kepala di sisi ketua tim pemenangan Prasetio Edi Marsudi atau berdiri di belakang ketua tim kuasa hukumnya Sirra Prayuna.

“…Pemeriksaan dari pagi hingga 17.30 WIB sore ini, kami mengikuti proses penyidikan. Yang dimintai keterangan adalah Basuki Tjahaja Purnama, dalam proses penyidikan ini ada 27 pertanyaan yang disampaikan penyidik kepada Basuki…”, kata Sirra Prayuna kepada wartawan usai pemeriksaan di Mabes Polri, Selasa (22/11/2016).

Sirra mengungkapkan bahwa sebanyak 27 pertanyaan yang diajukan penyidik mampu dijawab Ahok dengan baik. Adapun pertanyaan yang diajukan penyidik merupakan pertanyaan mengulang yang sudah disebutkan pada proses pemeriksaan sebelumnya.

“…Tentu itu dijawab dengan baik. Saya ingin memberikan gambaran bahwa konstruksi dari peristiwa hukum yang menjadi objek pada pemeriksaan hari ini sesungguhnya mengulang kembali pertanyaan yang sudah diajukan pada proses penyidikan sebelumnya yaitu dengan menambahkan atau menyempurnakan hal-hal yang sekira penting untuk membuat terang perkara ini…”, jelas Sirra.

Sirra menambahkan, “…Hari ini sudah menyelesaikan penyidikan dan menunggu proses lebih lanjut dari penyidik…”.

Ahok tiba di Mabes Polri pada pukul 09.00 WIB mengenakan batik kuning dan celana panjang hitam. Ahok didampingi tim pengacara dari partai politik pengusung dan ketua tim pemenangan Ahok-Djarot, Prasetio Edi Marsudi.

Ahok dinyatakan tersangka seusai gelar perkara pada pekan lalu. Ahok diduga melanggar Pasal 156a KUHP tentang penistaan agama, kendati demikian pihak kuasa hukum Ahok tidak mengajukan gugatan praperadilan hingga kasusnya memasuki proses penyidikan.

( Oleh : NRMnews.com/ Eka Santhika-Editor : A.Dody R.)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s