Beranda

“…Petani yang Gagal Panen Mendapat Perlindungan Asuransi…”


"...Ilustrasi Alam Pedesaan..." Photo By Red NRMnews.com

“…Ilustrasi Alam Pedesaan…” Photo By Red NRMnews.com

“…NRMnews.com – Cirebon, Jawa Barat, Para petani di tiga wilayah di Cirebon mencairkan klaim sebanyak Rp4,1 miliar akibat gagal panen. Klaim ini dibayarkan oleh PT Jasindo Cabang Cirebon, Jawa Barat, pada 2016. Kepala Kantor PT Jasindo Cabang Cirebon, Dani Setiawan, Minggu, Minggu (27/11/2016), mengatakan, untuk saat ini pihaknya sudah membayarkan klaim kepada para petani sebanyak Rp4,1 miliar dan ini untuk wilayah Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan.

Per Hektare para petani mendapatkan asuransi maksimal itu Rp6 juta dengan 75 persen keruskan tanaman,” katanya. Dani menuturkan untuk klaim pada tahun ini, disebabkan berbagai persoalan gagal panen, ada kebanjiran, hama dan yang lainnya. Ia melanjutkan saat ini wilayah yang terbanyak melakukan klaim asuransi pertanian adalah di Kabupaten Indramayu, dimana daerah itu juga merupakan lumbung padi. “Selain banyak yang mengikuti asuransi pertanian, Indramayu juga tercatat sebagai daerah yang paling banyak klaim asuransi,” tuturnya.

Pihaknya mencatat kurang lebih areal persawahan di Indramayu yang mengikuti asuransi pertanian yaitu seluas 9.800 hektare, sedangkan di Kabupaten Cirebon tercatat 4.700 hektare yang sudah masuk asuransi pertanian. Ia menambahkan untuk premi swadaya yang dibayarkan oleh para petani sebesar Rp36 ribu dan itu juga sudah ada bantuan dari pemerintah dalam pembayaran premi. “Untuk pendaftaran asuransi ini juga termasuk mudah, bisa melalui dinas terkait dan bisa datang langsung ke Jasindo,” katanya.

(Oleh: NRMnews.com/ Pringga W.- Editor/A. Dody R.)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s