Beranda

“…DPR KOMISI I : Bendera China Berkibar di Maluku Utara Bentuk Ancaman Kedaulatan RI…”


"...Gedung MPR / DPR / DPD Republik Indonesia di Jakarta..." Photo By : Red NRMnews.com

“…Gedung MPR / DPR / DPD Republik Indonesia di Jakarta…” Photo By : Red NRMnews.com

“…NRMnews.com – JAKARTA, Pengibaran bendera China di Pulau Obi, Halmahera Selatan, Maluku Utara saat acara ‎groundbreaking smelter PT Wanatiara Persada dianggap sebagai bentuk ancaman terhadap kedaulatan Republik Indonesia (RI).

Ketua Komisi I DPR ‎Abdul Kharis Almasyhari meminta peristiwa itu diusut tuntas agar tidak terulang kembali.

‎”Jika ada kesengajaan maka hal ini merupakan bentuk ancaman terhadap kedaulatan bangsa Indonesia, hal ini harus ditindak tegas‎,” kata Abdul di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (28/11/2016). Namun Komisi I DPR belum memiliki rencana memanggil pihak yang bertanggung jawab terkait pengibaran bendera China itu.

“Kita minta segera diselesaikan secara hukum jika telah terjadi pelanggaran,” katanya. Sementara itu, Anggota Komisi I DPR Tantowi Yahya tidak mempersoalkan pengibaran bendera China asalkan dalam kaitan kerja sama antarnegara.

“Tapi dalam konteks mereka mau mengibarkan benderanya karena mereka investor begitu saya rasa tidak melanggar undang-undang, jadi masalah kalau misalnya cuma satu-satunya bendera, cuma bendera mereka yang dikibarkan. Yang janggal dan tidak boleh lagi terjadi ke depan itu adalah ketika ukuran bendera negara lain itu lebih besar daripada bendera kita,‎” tuturnya.

Diberitakan, bendera RRC atau China berkibar dengan ukuran besar di Ternate, Maluku Utara. Sempat terjadi adu mulut saat anggota TNI hendak menurunkannya. Tak hanya itu,, di lokasi proyek tersebut juga terdapat plang nama jalan yang diambil dari nama kota di negara China.

(Oleh : Red NRMnews.com / Dwi Pravita – Editor : A. Dody R.)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s