Beranda

“…WNA ingin jadi WNI Cukup Lewat Aplikasi Kewarganegaraan Online…”


"...Ilustrasi Gedung Kementerian Hukum dan HAM..." Photo By : Red. NRMnews.com

“…Ilustrasi Gedung Kementerian Hukum dan HAM…” Photo By : Red. NRMnews.com

“…NRMnews.com – BEIJING, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia akan meluncurkan aplikasi pengajuan kewarganegaraan secara online untuk memudahkan siapa pun yang ingin mendapatkan kewarganegaraan Indonesia termasuk di luar negeri.

Usai temu wicara Dinamika Kewarganegaraan Berdasarkan Undang-undang No 12 Tahun 2006 Tentang Kewarganegaraan, di Beijing, China, Kamis (24/11/2016) malam, Sekretaris Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum Rinto Hakim mengatakan, “Ini untuk memudahkan proses mendapatkan kewarganegaraan Indonesia,”.

Ia menambahkan, dalam aplikasi online tersebut akan disampaikan pula persyaratan menjadi warga negara Indonesia dan ujian online untuk memastikan pemohon memahami Indonesia. Rinto mengemukakan proses peluncuran aplikasi kewarganegaraan secara online masih dibahas mendalam bersama kementerian terkait seperti Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Keuangan dan lainnya. Rencananya diluncurkan Maret 2017.

Ia menuturkan pergerakan manusia termasuk warga negara Indonesia semakin dinamis sehingga memungkinkan persoalan kewarganegaraan menjadi semakin dinamis semisal perkawinan campur, status anak yang dilahirkan dari perkawinan campur, dan sebagainya.

Pihaknya telah mengumpulkan beberapa kasus kewarganegaraan dari Diaspora Indonesia di Amerika, Eropa dan Asia, terutama terkait dwi kewarganegaraan bagi WNI. “Sudah banyak negara yang menganut dwi kewarganegaraan, namun untuk Indonesia belum karena tidak mudah juga untuk mengubah undang-undang, karena menyangkut undang-undang lainnya,” ungkap Rinto.

(Oleh : Red NRMnews.com/ Alam Y.K. – Editor : A. Dody R.)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s