Beranda

“…KPK Perdalam Kasus E-KTP…”


"...Gedung Kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jalan HR.Rasuna Sahid, Jakarta..." Photo By : Red NRMnews.com

“…Gedung Kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jalan HR.Rasuna Sahid, Jakarta…” Photo By : Red NRMnews.com

“…NRMnews.com – JAKARTA, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sedang fokus mendalami pihak swasta yang terlibat dalam konsorsium proyek e-KTP. 

Dari yang diperiksa dalam kasus ini, Muhamad Nazaruddin sangat vokal menyebut beberapa nama terlibat kasus ini.

Mantan Bendahara Umum Partai Demokrat tersebut melalui pengacaranya Elza Syarif pernah mengatakan bahwa proyek e-KTP, dikendalikan Ketua Fraksi Partai Golkar di DPR yaitu Setya Novanto, mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum yang dilaksanakan oleh Nazaruddin.

Kemudian staf dari PT Adhi Karya Adi Saptinus, Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi, Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri dan Pejabat Pembuat Komitmen. Dalam dokumen yang dibawa Elza tampak bagan yang menunjukkan hubungan pihak-pihak yang terlibat dalam korupsi proyek KTP elektronik antara lain Setyo Novanto, Anas Urbaningrum, Chaeruman Harahap, Ganjar Pranowo, Arief Wibowo, Gamawan Fauzi, Dian Anggraeni, Sugiharto, Drajat Wisnu S.

Pelaksana Harian Kabiro Humas KPK, Yuyuk Andriati menuturkan semua pihak yang dianggap berkepentingan dalam kasus ini akan dimintai keterangannya sebagai saksi. “Penyidik dalami semua kemungkinan termasuk saksi-saksi di luar saksi-saksi yang ada. Kalau memang ada permintaan keterangan relevan soal kasus ini pasti akan dimintai keterangannya,” ujar Yuyuk, di gedung KPK, Jakarta Selatan, Rabu (30/11).

“Keterangan Nazar tidak begitu saja digunakan oleh penyidik, penyidik menilai semua keterangan kemudian dirangkai untuk mencari kaitan dari kasus ini,” pungkasnya. Seperti diketahui, tersangka dalam kasus ini adalah mantan Dirjen Dukcapil Irman yang juga Kuasa Pengguna Anggaran proyek pengadaan E-KTP dan mantan Direktur Pengelola Informasi Administrasi Kependudukan Ditjen Dukcapil sekaligus Pejabat Pembuat Komitmen proyek e-KTP Sugiharto.

Pemenang pengadaan E-KTP adalah konsorsium Percetakan Negara RI (PNRI) yang terdiri atas Perum PNRI, PT Sucofindo (Persero), PT LEN Industri (Persero), PT Quadra Solution dan PT Sandipala Arthaputra yang mengelola dana APBN senilai Rp 6 triliun tahun anggaran 2011 dan 2012.

Program e-KTP ini secara nasional dilaksanakan dalam dua tahap yakni pada 2011 dan 2012. Tahap pertama dilaksanakan di 197 kabupaten atau kota dengan targer 67 juta penduduk telah memiliki KTP elektronik. Namun, pada pelaksanaannya, terdapat masalah terkait ketersediaan dan distribusi perangkat yang dibutuhkan.

(Oleh : Red NRMnews.com / Lola C. – Editor : A. Dody R.)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s