Hukum / Undang-Undang

“…DPR Pertanyakan Jaksa Agung Alasan Tak Tahan Ahok…”


"...Gedung Kantor Kejaksaan Agung RI di Jakarta..." Photo By : Red NRMnews.com

“…Gedung Kantor Kejaksaan Agung RI di Jakarta…” Photo By : Red NRMnews.com

“…NRMnews.com – JAKARTA, Jaksa Agung M Prasetyo menjelaskan alasan Kejaksaan Agung (Kejagung) tidak menahan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang telah berstatus tersangka kasus dugaan penistaan agama. Menurutnya, penahanan terhadap Ahok tidak mutlak harus dilakukan.

“Penahanan tidak mutlak, dan tentunya pertanyaan ini bisa ditanyakan kepada Polri juga, kenapa tidak ditahan Polri,” kata Prasetyo menjawab pertanyaan Wakil Ketua Komisi III Desmond J Mahesa saat rapat kerja dengan Komisi Hukum DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (6/12/2016).

Prasetyo mengatakan, Kejagung mempunyai pertimbangan subjektif dan objektif sehingga tidak melakukan penahanan terhadap Ahok. Secara subjektif, Ahok dinilai kooperatif. Sementara itu secara objektif dikatakannya ada kepentingan yang lebih besar, yakni gelaran Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Prasetyo mengatakan, penanganan perkara dugaan penistaan agama oleh Ahok ini sudah menyimpang dari kebijakan yang diterapkan oleh Polri. Kebijakan tersebut menyebutkan jika calon kepala daerah hendak menghadapi pilkada maka proses hukum akan ditunda.

“Tapi ini tetap dilaksanakan. Jadi pertimbangan subjektif dan objektif juga. Di samping itu juga ada SOP (standar operasional prosedur) di mana Polri tidak menahan, dan kita menghargai apa yang dilakukan Polri,” ucap Prasetyo.

Seperti diberitakan sebelumnya, Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri menyatakan berkas kasus Ahok sudah lengkap. Barang bukti beserta tersangka telah diserahkan Bareskrim Polri kepada Kejaksaan Agung untuk selanjutnya dilimpahkan ke pengadilan.

(Oleh : Red NRMnews.com / Alam Y.K. – Editor : A. Dody R.)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s