Beranda

“…Rio Dewanto Akan Bela Petani Kopi Langkat Yang Hendak Digusur…”


"...Ratusan massa yang tergabung dalam Serikat Petani Indonesia (SPI) Sumut melakukan aksi di kantor Pemprov Sumut..."  Photo By : Sumut Pos

“…Ratusan massa yang tergabung dalam Serikat Petani Indonesia (SPI) Sumut melakukan aksi di kantor Pemprov Sumut…” Photo By : Sumut Pos

“…NRMnews.com – JAKARTA,  Berawal dari membintangi film filosofi kopi, Aktris Rio Dewanto semakin terpikat pada dunia kopi Indonesia dan sempat membagikannya lewat Program TV “Viva Barista”.

Sebagai producer sekaligus host di program tersebut, ia mengangkat profil petani kopi di beberapa daerah penghasil biji kopi terbaik. Ia menyadari proses budidaya kopi tidak sesederhana obrolan di warung kopi.

“Kami (Rio dan Chicco Jericho) sadari, kalau tidak ada petani kita tidak bisa menikmati kopi. Setiap kali kita menyeruput kopi, dengan aroma dan rasa yang enak, adalah jerih payah petani,” imbuhnya di sela peluncuran film Wonderful Life di Jakarta, Rabu (7/12/2016).

Bisnis dan petani kopi, bagi Rio saling bertautan dan relevan. Setiap kali menyeruput rasa dan aroma kopi, seketika itu juga ia mengucap terima kasihnya kepada petani. Masalah perkopian di Indonesia, dari hulu sampai hilir bukannya sepele. Sesungguhnya secagkir kopi di meja melewati proses yang sangat panjang. Dari yang paling awal yakni teknik budidaya, pengolahan pasca panen hingga pada penyajian akhir.

Karenanya, pemeran Jody dalam film Filosofi Kopi ini mengaku tidak terima dengan dikerahkannya 1.500 personel keamanan sebagai bagian dari upaya penggusuran terhadap lahan dan pemukiman petani di Desa Mekar Jaya, Kecamatan Wampu, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara yang terjadi pada Jumat (18/11) lalu.

“Saya sempat dapat berita dari Robi Navicula (host Viva Barista), bahwa ada insiden di Langkat Sumatera Utara. Saya terpanggil membantu konflik petani kopi di Langkat. Saya ajak pengacaranya untuk temani saya bantu penyelesaian konflik petani kopi di Langkat,” jelas Rio.

Ia sempat pelajari kronologisnya dan temui Serikat Petani Indonesia (SPI). “Kami mau langsung ke Langkat, temu dengan petani disana. Kami mau kembali bangkitkan rasa percaya diri petani baik kejiwaan, mental atau fisiknya yang terluka,” tandasnya. Ia berharap pemerintah berpihak pada petani kopi di Langkat dalam konflik agraria ini. “Sebenernya tujuannya untuk Indonesia agar kondusif, petani Indonesia juga lebih makmur dan sejahtera,” tutupnya

(Oleh : Red NRMnews.com / Dwi Pravita – Editor : A. Dody R.)

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s