Beranda

“…Rachmawati Ajukan Praperadilan Terkait Tuduhan Makar…”


"...Rachmawati Soekarno Puteri..." Photo By : Red.NRMnews.com

“…Rachmawati Soekarno Puteri…” Photo By : Red.NRMnews.com

“…NRMnews.com – JAKARTA, Kuasa Hukum Rachmawati Soekarnoputri, Aldwin Rahadian menyatakan, akan mengambil langkah hukum termasuk praperadilan atas tindakan polisi yang telah menetapkan kliennya sebagai tersangka dugaan kasus makar.

“…Setelah selesai pemeriksaan, tentunya akan ada upaya hukum lebih lanjut (pengajuan praperadilan). Sekarang kan masih sakit Bu Rachmawati…”, ujar Aldwin  di PN Jaksel, Jakarta, Senin (05/12/2016). 

Rachma saat ini masih menjalani pemulihan kesehatan dan belum siap bila harus diperiksa kembali terkait dugaan kasus makar tersebut. Hanya saja, kliennya akan selalu bersikap kooperatif dalam setiap pemeriksaan yang dilakukan polisi itu.

Aldwin berkata, tuduhan makar itu mengada-ada dan terlalu jauh. Sebab, makar itu kegiatan terencana matang serta mengandalkan power. Namun, saat bubar massa demonstrasi 212 itu semuanya landai saja, tak ada perlawanan.

Bahkan, tak banyak yang tak tahu kalau Rachma itu telah ditangkap polisi. “…Artinya memang tak ada perencanaan upaya makar, itu tak pernah ada dari Bu Rachma…”, jelasnya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono mengungkapkan, dari 11 aktivis dan tokoh yang ditangkap dan ditetapkan tersangka itu, tiga orang ditahan polisi, yakni Sri Bintang Pamungkas, Rizal Kobar, dan Jamran.

Adapun penahanan hanya dilakukan pada tiga orang tersebut merupakan wewenang subjektivitas penyidik. Sedang delapan tersangka lainnya meski tak ditahan kasusnya tetap berjalan. Ketiganya dijerat dengan UU ITE dan juga Pasal 107 Jo Pasal 110 KUHP tentang Makar dan Pemufakatan Jahat.

“…Dua tersangka ITE (Rizal Kobar dan Jamran) yang kakak beradik itu, mereka sudah lama posting di akun medsos berkaitan hate speech. Jadi mereka ini sudah lama memposting di dalam akun mereka konten-konten berkaitan hate speech, salah satunya terhadap Cagub DKI. Menyerang seseorang dengan harapan kebencian itu akan tumbuh di situ…”, tuturnya.

(Oleh : Red NRMnews.com / Fajar S. – Editor : A. Dody R.)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s