Beranda

“…Yakar Hondro : Menagih Janji Jokowi-JK Lindungi Kaum Minoritas…”


"...Kepala Departemen Bidang Peberdayaan MAsyarakat DPP Gerindra, Yakar Hondro..."

“…Kepala Departemen Bidang Peberdayaan MAsyarakat DPP Gerindra, Yakar Hondro…”

“…NRMnews.com – JAKARTA, Beberapa peristiwa terkait intoleransi kebhinekaan yang terjadi di penghujung tahun 2016 memperlihatkan betapa kesatuan bangsa ini tengah diuji.

Masyarakat dunia memberikan apresiasi pada Indonesia setelah Aksi Bela Islam III yang diikuti 7 juta umat muslim pada Jumat (2/12) di lapangan Monas berlangsung damai.

Namun beberapa hari kemudian, dunia juga menyoroti terjadinya aksi pembubaran kegiatan Kebaktian Kebangunan Rohani (KKR) di Sabuga, Bandung, pada Selasa (6/12) sebagai pelanggaran atas kebebasan beribadah.

Tagar #Bandungintoleran menjadi trending topic di twitter beberapa jam setelah kejadian.

Kepala Departemen Bidang Pemberdayaan Masyarakat DPP Gerindra, Yakar Hondro (Yahon) menyayangkan kejadian yang juga diakui oleh Walikota Bandung Ridwan Kamil sebagai intimidasi yang tidak pada tempatnya dan tidak sesuai dengan peraturan serta semangat Bhineka Tunggal Ika.

“Fenomena ini menandakan kemandulan perlindungan umat beragama dan kegagalan koordinasi dari pemerintah. Baik level terbawah (pemkot Bandung) hingga ke level atas (pemerintah pusat) sebagai pengatur kebijakan sekaligus penanggung jawab penuh kebebasan beragama dalam kemajemukan bangsa,” ujar Yahon saat dihubungi, Kamis (8/12).

Dalam waktu berdekatan juga terjadi aksi intoleransi di Yogyakarta, Forum Umat Islam (FUI) meminta manajemen Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) menurunkan baliho kampus yang di dalamnya ada gambar mahasiswi berhijab karena meresahkan sejumlah ormas Islam dapat berpotensi menyesatkan umat. Tak lupa pada November 2016 terjadi teror bom gereja di Samarinda dan Bom molotov di Vihara Singkawang.

Hal-hal ini patut kita pertanyakan, apakah negara yang berisikan ancaman-ancaman ini yang akan kita bangun ke depan? Saya menagih janji kampanye Presiden Jokowi dan Wapres JK untuk melindungi kaum minoritas. Janji menjadikan ‘Indonesia Rumah Kita’ yang menghormati kebhinekaan,” tandasnya.

Untuk mencegah kejadian serupa, sistem informasi dan deteksi dini dari level terbawah perlu ditingkatkan, juga koordinasi lembaga negara yang bertanggung jawab diperkuat agar setiap aksi yang ingin mengganggu ketentraman di Indonesia itu tidak dapat berjalan mulus. “Jangan sudah ada kejadian baru diredam,” pungkas kader Gerindra tersebut.

(Oleh : Red NRMnews.com / Dwi Pravita – Editor : A. Dody R.)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s