Beranda

“…CAITA : Rally Mobil Dari Tiongkok Hingga Indonesia, Didorong Menjadi Agenda Tahunan Kemenpar..”


"...(ki - ka): Hendri Karnoza (Kementerian Pariwisata), Nurdin Purnomo (Co-organizer CAITA), Thomas Ma..."

“…(ki – ka): Hendri Karnoza (Kementerian Pariwisata), Nurdin Purnomo (Co-organizer CAITA), Thomas Ma…”

“…NRMnews.com – JAKARTA, China ASEAN International Touring Assembly (CAITA) adalah event touring mobil menjelajah negara-negara dari China dan Asia Tenggara. Tercatat hampir 100 peserta, menempuh perjalanan dari Nanning turun ke arah selatan hingga Indonesia.

Peserta melewati Myanmar, Laos, Thailand, Kamboja, Vietnam, Malaysia, Singapura dan Indonesia. Perjalanan China – ASEAN ditempuh sekitar 22 hari, dimana masing-masing negara singgahannya 2 – 3 hari.

Rute CAITA 2015 dan 2016 yang singgah di Indonesia berbeda. Tahun lalu, peserta singgah di Batam (Prov. Kepulauan Riau) dan lanjut ke Singapura. Tahun ini, peserta menempuh Jakarta – Jawa Tengah. Di Semarang, peserta reli mengunjungi sejumlah tempat wisata di Kota Semarang, seperti Gedung Lawang Sewu dan Kelenteng Sam Po Kong. Mereka juga mengagumi Candi Borobudur dan candi lainnya yang menjadi cerminan kejayaan Agama Buddha di zaman lampau. Peserta juga mengunjungi Kaliurang di Yogyakarta.

“Rute peserta CAITA di Indonesia hanya sampai Jawa Tengah, mengingat ada kesempatan rekreasi,” ujar Co-organizer CAITA Indonesia, Nurdin Poernomo. “Respons peserta terhadap (wisata) Indonesian kan bagus. Mereka kelihatan senang walaupun sudah sangat capek. Mereka menempuh jarak lebih dari 10.000 kilometer, dengan penyesuaian (setir kiri menjadi setir kanan). Saya juga sempat khawatir kalau terjadi accident. Untungnya, mereka cepat menyesuaikan (pergantian) setir. Semuanya memang kerja keras,” imbuhnya.

Direktur the Sports Administration of Guangxi Zhuang China, Lu Yiwen mewakili CAITA Rally menyampaikan terima kasih atas sambutan hangat Pemerintah Indonesia, khususnya Provinsi Jawa Tengah, terhadap seluruh peserta CAITA Rally. Kegiatan reli mobil dengan peserta dari Tiongkok dan sejumlah negara ASEAN serta Denmark ini, akan semakin mempererat kerja sama antarnegara-negara di Asia Tenggara.

“Apalagi CAITA Rally merupakan satu-satunya kerja sama bidang olahraga antara Tiongkok dan ASEAN,Lu Yiwen menambahkan. Nurdin Poernomo sebagai Co-organizer, mengatakan dirinya sudah 10 tahun mengikuti event ini dan bergembira untuk pertama kalinya ia dapat mendorong rally hingga ke Jawa Tengah. Ia berharap Kementerian Pariwisata (Kemenpar) dapat mengagendakan CAITA menjadi kegiatan tahunan (annual event).

“Kita harapkan ini berjalan dengan baik dan mudah-mudahan kita bisa menyelenggarakan Caita Internasional Touring Assembly ini secara rutin sebagai calender event, termasuk untuk Jateng dan Kota Semarang. Terima kasih kepada Pemerintah Jateng yang telah menerima kami dengan sangat mengesankan,” tambah Nurdin.

Kalau rencana tersebut berjalan lancar, ada kemungkinan modifikasi rute rally atau olahraga otomotif. “Tahun depan, rutenya bisa melewati perbatasan Entikong (Kalimantan Barat), lewati Entikong (kabupaten Sanggau), Tebedu Sarawak, Brunei, Kota Kinabalu dan seterusnya. Karena Malaysia kan juga bagian dari CAITA. Tapi saya harus koordinasi dengan Thomas Ma (Ketua pelaksana CAITA Rally) terlebih dahulu,” pungkasnya.

Peserta CAITA memasuki kota Semarang dan kembali ke Jakarta saat hari besar Maulid Nabi (12/12). Karena bertepatan hari besar, Menteri Pariwisata Arief Yahya yang dijadwalkan menyambut peserta akhirnya diwakili oleh Kabid. Perjalanan Insentif, Hendri Karnoz. Para peserta dari masing-masing negara menampilkan kesenian khas dari negaranya termasuk Kamboja, Thailand, Vietnam.

Acara ramah tamah berlangsung sekitar pukul 18.00 sampai 21.00 di auditorium Sapta Pesona. Kementerian Pariwisata sebagai tuan rumah menampilkan tarian Kabasaran yakni tarian perang, Poco-poco khas Sulawesi Utara oleh Sanggar Bapontar. Sementara itu, para peserta dari China menyanyikan lagu-lagu dialek Hokian Ai Pia Cia E Ya, dan lain sebagainya.

(Oleh : Red NRMnews.com / Dwi Pravita – Editor : A. Dody R.)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s