Beranda

“…KPK Periksa 200 Saksi, Terkait Kasus e-KTP…”


"...Ilustrasi Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP)..." Photo By Red. NRMnews.com

“…Ilustrasi Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP)…” Photo By Red. NRMnews.com

“…NRMnews.com – JAKARTA, Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tengah berupaya mempercepat pengusutan kasus dugaan korupsi dalam proyek pengadaan e-KTP di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Sejumlah saksi telah dimintai keterangan dalam perkara ini.

Mulai dari pihak swasta anggota konsorsium perusahaan pemenang tender pengadaan e-KTP hingga anggota DPR yang diduga mengetahui proses penggodokan proyek ini.

“…Sudah lebih dari 200 saksi dipanggil termasuk di antaranya anggota DPR…”, kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi wartawan, di Jakarta, Jumat (16/12/2016).

Meski telah memeriksa lebih dari 200 saksi, namun sejauh ini KPK baru menetapkan dua tersangka. Keduanya adalah, Irman selaku mantan Dirjen Dukcapil Kemendagri dan Sugiharto selaku mantan Direktur Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Ditjen Dukcapil Kemendagri.

Febri mengatakan, KPK menaruh perhatian terhadap proyek yang merugikan negara hingga Rp 2,3 miliar tersebut. Kerugian tersebut berdasarkan perhitungan oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Febri menegaskan, pihaknya akan terus mengembangkan penyidikan dengan menyasar pihak-pihak yang diduga terkait dengan proses pengadaan e-KTP. Termasuk juga dengan mengklarifikasi pihak-pihak yang disebut oleh mantan Bendahara Umum Partai Demokrat M Nazaruddin.

“…Yang juga menjadi perhatian apakah kerugian keuangan negara disebabkan oleh hanya dua orang tersebut. Namun penyidikan lebih menyandarkan pada bukti dan informasi yang ada…”, ujarnya.

“…Apakah ada pihak-pihak lain yang terlibat di dalamnya. Info dari Nazaruddin atau info dari pihak manapun tentu akan diklarifikasi lebih lanjut oleh penyidik…”, imbuh Febri.

(Oleh : Red.NRMnews.com / Dwi Pravita – Editor : A.Dody.R)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s