Beranda

“…Kantor Kemhan DKI Jakarta Ajak Masyarakat Mengenal Makanan Sehat Tradisional Betawi…”


"...Para Peserta Festival Kuliner Khas Betawi di Setu Babakan, Jaksel..." Photo By : Red NRMnews.com

“…Para Peserta Festival Kuliner Khas Betawi di Setu Babakan, Jaksel…” Photo By : Red NRMnews.com

“…NRMnews.com – JAKARTA, Kantor Kementerian Pertahanan Provinsi DKI Jakarta bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyelenggarakan Festival Kuliner Khas Betawi sebagai rangkaian acara menyambut Hari Bela Negara yang jatuh pada tanggal 19 Desember mendatang.

Berlokasi di UPT Kampung Kebudayaan Betawi Setu Babakan, Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Festival ini mengambil tema “Makanan Sehat, Indonesia Kuat”. Sejak pukul 08.00 pagi tampak berjejer stand bazaar di tepian Setu Babakan yang menjajakan makanan khas betawi. Ada Kerak Telor, Telor Asin khas Betawi, Laksa Betawi, dan sebagainya. Panitia juga menyuguhkan hiburan rakyat yang membawakan lagu-lagu khas betawi.

Menurut perwakilan Kantor Kemhan DKI Jakarta, Kolonel Khairul, kegiatan ini diadakan untuk lebih mengenal dan mencintai makanan khas daerah. Makanan daerah merupakan warisan tradisi budaya leluhur dengan kandungan gizi yang jauh lebih sehat dibandingkan makanan junkfood yang banyak digandrungi anak muda saat ini.

“Bagi generasi muda agar jangan terlalu banyak terkontaminasi makanan junkfood. Harus mengetahui juga makanan khas budaya kita. Makanan betawi itu adalah makanan sehat, dengan memakan makanan sehat, maka masyarakat Indonesia kuat,” jelasnya kepada redaksi, Sabtu 1(7/12/2016).

Terselenggaranya acara ini juga disambut baik oleh Kepala Bidang Ketahanan Ekonomi, Seni, Budaya dan Agama, Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) DKI Jakarta, Drs Taufan Bakri, Msi. “Apa yang digagas Kantor Kemhan DKI ini luar biasa. Ini merupakan salah satu implementasi Pergub DKI Jakarta No.229/2016 dimana kuliner khas Jakarta harus dilestarikan. Dengan mencintai makanan khas daerah berarti kita juga mencintai bangsa dan kearifan lokal milik bersama,” ujar Taufik saat ditemui di sela festival.

Ke depannya, dengan pergub sebagai alat pendorong yang kuat, Badan Musyawarah Betawi akan mendorong diterapkannya kekhasan budaya betawi di tiap sudut kota Jakarta, baik di fasilitas umum, perhotelan dan tempat wisata. Nantinya, kuliner betawi harus dapat memenuhi standar untuk menjadi menu wajib di hotel-hotel di Jakarta. Arsitekturnya juga harus ada yang mengadopsi ciri khas bangunan Betawi. Ayo sama-sama bangun kota Jakarta bernuansa betawi,” ajaknya.

Di akhir acara diserahkan piala lomba festival kuliner bagi 3 besar peserta terbaik dengan kriteria penilaian dari segi rasa dan kelengkapan menu. Piala diserahkan oleh Walikota Jakarta Selatan. Puncak acara peringatan Hari Bela Negara sendiri akan berlangsung di lapangan Monas pada tanggal 19 Desember 2016.

(Oleh : Red NRMnews.com / Dwi Pravita – Editor : A. Dody R.)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s