Beranda

“…Gerindra Minta PP Ormas Asing Dicabut…”


"...Logo Partai Gerindra..."

“…Logo Partai Gerindra…”

“…NRMnews.com – JAKARTA, Fraksi Partai Gerindra meminta ‎Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 59 Tahun 2016 tentang Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) yang didirikan oleh Warga Negara Asing (WNA) dicabut.‎

Ketua Fraksi Gerindra di DPR, Ahmad Muzani menilai keberadaan ormas asing dianggap mengancam kedaulatan NKRI.

UU Nomor 17 Tahun 2013 tentang Ormas memungkinkan ormas asing berkegiatan di Indonesia. PP merupakan penjabaran dari UU tersebut.

“Cabut PP dulu karena itu adalah turunan dari undang-undang (UU) yang memang merupakan penterjemahan dari pasal-pasal yang ada,” kata Ahmad di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (19/12/2016). “Meskipun menurut undang-undang, salah satu harus orang Indonesia apakah itu ketua, sekretaris atau bendahara, merevisi UU tentang Ormas tidak cukup. PP harus dicabut, kalau pemerintah mau menerbitkan PP harus lebih ketat,” tegas anggota Komisi I DPR ini.

‎Sekadar informasi, dalam PP itu disebutkan, ormas yang didirikan oleh WNA dapat melakukan kegiatan di wilayah Indonesia. Ormas sebagaimana dimaksud terdiri atas, badan hukum yayasan asing atau sebutan lain. Pemerintah memandang perlu mengatur mengenai pemberian perizinan, tim perizinan, dan pertimbangan pengesahan badan hukum, serta tata cara pengenaan sanksi bagi ormas berbadan hukum yayasan asing atau sebutan lain.

PP itu ditandatangani Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada‎ 2 Desember 2016. ‎Adapun pertimbangannya, bahwa ormas yang didirikan oleh WNA di Indonesia perlu menghormati kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), memberi manfaat bagi masyarakat, bangsa, dan negara. Serta tetap menghormati nilai sosial budaya masyarakat, patuh, dan tunduk pada hukum yang berlaku di Indonesia.

(Oleh : Red NRMnews.com / Dwi Pravita – Editor : A. Dody R.)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s