Beranda

“…Dubes Karlov Dibunuh Pengikut Fethullah Gulen yang Kecewa Terhadap Erdogan…”


"...Presiden Turki, Reccep Tayip Erdogan..." Photo by : hdresim.net

“…Presiden Turki, Reccep Tayip Erdogan…” Photo by : hdresim.net

“…NRMnews.com – Seorang tetangga keluarga Mavlut Altintas, penembak mati duta besar Rusia untuk Suriah Andrei Karlov, menyebut Altintas sosok yang menjaga jarak dan lebih banyak menghabiskan waktu bersama adik tiri dan neneknya.

Tak ada yang tahu sewaktu muda Altintas pernah bersumpah setia kepada Fethullah Gulen. Gulen adalah bekas sekutu Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan sukses membangun jejaring yang luas di kepolisian.

Erdogan menyebut Altintas pengikut Gulen, padahal sehabis menembak mati dubes Karlov, pria yang lolos dari penjagaan karena mengenakan lencana polisi itu sempat meneriakkan slogan-slogan Islam garis keras yang bertolak belakang dengan ajaran moderat dan mempromosikan dialog antaragama yang dipromosikan Gulen.

Keluarga besar Altintas adalah pendukung partai nasionalis dan mereka keluarga yang saleh. Tindakan yang dilakukan Altintas menimbulkan pertanyaan mengenai dampak krisis Suriah terhadap Turki. Sejumlah orang Turki yang taat beragama yang kerap mengikuti anjuran Erdogan mengenai pentingnya menyelamatkan Suriah dari Presiden Bashar al-Assad, kini kecewa terhadap berbalik dekatnya Erdogan kepada Rusia yang tak lain adalah penyokong utama Bashar al-Assad.

“Sejak 2011, retorika keras pemerintah menyangkut Suriah telah membuat konstituen (Erdogan) begitu sensitif menyangkut tragedi yang berlangsung di Suriah,” kata Sinan Ulgen, bekas diplomat Turki dan analis pada Carnegie Europe. “Konstituen ini menjadi kehilangan arah dan hampir merasa dikecewakan,” sambung dia.

Tetapi apa pun yang terjadi nanti, penduduk kota Soke, seperti kebanyakan orang Turki umumnya, merasa suasana menjadi lain setelah pembunuhan duta besar Rusia itu. “Membunuh seorang duta besar itu memalukan. Tidak saja bagi si pembunuh, tetapi juga bagi negara kami,” kata Yurdakos Elgun dari partai oposisi sekuler CHP. “Leluhur kami mengajarkan kepada kami tamu itu tidak boleh dibinasakan,” tutup dia.

(Oleh : Red NRMnews.com / Fajar S. – Editor : A. Dody R.)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s