Beranda

“…BPS Siapkan Tenaga Statistisi Untuk Perbaiki Data Kementerian dan Lembaga…”


"...Logo Badan Pusat Statistik..."

“…Logo Badan Pusat Statistik…”

“…NRMnews.com – JAKARTA, Untuk mendukung perbaikan data di kementerian/lembaga (K/L), Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto mengatakan pihaknya tengah menyiapkan tenaga-tenaga Statistisi.

Pemenuhan kebutuhan ini dilakukan melalui tenaga kerja yang digembleng di Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS). “…BPS melalui STIS siap mendukung perbaikan data dari K/L…”, ujar dia saat ditemui pada Syukuran Tahun Baru, di Jakarta, Minggu (01/01/2017).

Ia mengatakan, tugas BPS adalah melakukan dukungan atau “support” kepada K/L supaya metodologi dalam setiap riset K/L yang digunakan, dapat dipertanggungjawabkan dan benar.

“…Mereka (K/L) mungkin kekurangan Statistisi, sehingga konsep dan definisi yang diperlukan menjadi sama. Dengan demikian, metodologinya bisa dipertanggungjawabkan…”, ungkap Kecuk, panggilan akrab Suhariyanto.

Bahkan, katanya, saat ini STIS pun tengah dipersiapkan untuk mulai memikirkan bagaimana menempatkan Statistisi di seluruh K/L sebagai bagian dari penguatan pusat data dan informasi (Pusdatin) setiap K/L. Ia menjelaskan, rencana tersebut sudah dirancang dalam waktu lama, dan kini tinggal menunggu implementasinya di dalam K/L.

Meski demikian, tambah Kecuk, upaya menempatkan Statistisi kedalam setiap K/L sangat membutuhkan kesepakatan dan pemahaman bersama dari setiap pimpinan K/L. Karena terkait dengan kebijakan yang ada di setiap K/L.

“…Namun kedepan, kami akan menanam setiap Statistisi untuk benar-benar melekat di setiap K/L, baik untuk tugas belajar maupun untuk memberikan persamaan persepsi serta pemahaman tentang peran dan fungsi BPS. Supaya tidak ada lagi overlapping…”, ucap Kecuk.

(Oleh : Red.NRMnews.com / Dwi Pravita – Editor : A.Dody.R)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s