Beranda

“…52 Aduan PNS Tak Netral Diterima KASN Jelang Pilkada…”


"...Ilustrasi Profesi Pegawai Negeri Sipil..." Photo By : Red NRMnews.com

“…Ilustrasi Profesi Pegawai Negeri Sipil…” Photo By : Red NRMnews.com

“…NRMnews.com – JAKARTA, Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) menerima 52 laporan mengenai PNS, yang diduga tidak netral jelang Pilkada.

Sebanyak 35 aduan sudah diselesaikan dengan putusan sanksi bagi PNS, yang terbukti melanggar. Para PNS yang terbukti melanggar mendapatkan sanksi dengan kategori ringan, sedang, dan berat.

Misalnya sanksi ringan berupa teguran, sanksi sedang berupa penundaan kenaikan pangkat atau gaji, serta ada pula yang mendapat pemberhentian dari jabatan hingga dari PNS.

“…Ada 52 pengaduan dan ada 35 yang sudah diselesaikan, khusus yang 2017 ini ada beberapa daerah yang rawan seperti di Sulawesi…”, kata Ketua Komisi Aparatur Negara, Sofian Effendi dalam paparan kinerja tahun 2015-2016 di kantornya, Jl. Letjen MT. Haryono, Pancoran, Jakarta Selatan, Jumat (06/01/2017).

Nantinya sejumlah hasil laporan tersebut akan diberikan rekomendasinya kepada Pemda, Kemendagri atau pun Presiden. Hal itu tergatung antara jabatannya atau pangkatnya.

“…Kami memberikan rekomendasi kepada Pemda, atau Kemendagri, atau Presiden. Nanti yang memberikan sanksi nanti itu tergantung dengan pangkatnya…”, kata Sofian.

Komisioner KASN Nuraida Mokhsen mengatakan aduan pelanggaran terkait netralitas ini terkait dengan kegiatan kampanye pasangan calon kepala daerah yang diikut PNS.

“…Ada pelangaran kode etik, ada juga pelanggaran netralitas. Ini ada yang PNS ikut kampanye, kalau ketangkap dan ada bukti-bukti awal, walau ada pengaduan ini nggak tentu terbukti semua, ada yang buktinya tidak kuat, tapi kalau buktinya kuat ya dieksekusi…”, kata Nuraida.

Pelanggaran tersebut bukan hanya terkait netralitas PNS. Nuraida mengatakan ada pula pengaduan soal pengisian jabatan pimpinan tinggi (JPT) sebanyak 60% laporan di lingkungan Kementerian/LPNK, 40% di Pemda. Serta pelanggaran sistem merit sebanyak 80% di lingkungan Kementerian/LPNK dan 61,7% di Pemda.

(Oleh : Red NRMnews.com / Fajar.S – Editor : A. Dody R.)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s