Beranda

“…Ini Jawaban Tiga Calon Gubernur Terkait Penggusuran…”


"...Ilustrasi Suasana Pengusuran..." Photo By : Red NRMnews.com

“…Ilustrasi Suasana Pengusuran…” Photo By : Red NRMnews.com

“…NRMnews.com – JAKARTA, Ibukota Jakarta adalah kota yang dilewati 15 aliran sungai dan selama ini bantarannya ditempati oleh masyarakat sebagai tempat tinggal.

Panelis mempertanyakan kebijakan Tiga kandidat calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta 2017 soal penggusuran bagi warga di bantaran kali.

Selama ini, meskipun dilematis, pemerintah provinsi memilih untuk melakukan penggusuran.

Menjawab pertanyaan panelis dalam debat di Hotel Bidakara, Jakarta Pusat yang ditayangkan stasiun televisi swasta, Jumat (13/1) malam, Cagub nomor urut 3 Anies Baswedan menyatakan, jika terpilih, akan melakukan penataan ulang.

Ia pun mengatakan kalaupun melakukan relokasi akan dilakukan lewat musyawarah. Anies menyinggung kemenangan warga Bukit Duri di PTUN beberapa waktu lalu. Menurutnya, hal membuktikan selama ini Pemprov DKI kurang adil. “Ketika berhadapan dengan kekuasan yang kuat, tumpul. Tapi ketika berhadapan dengan rakyat lemah, prosedur dilanggar,” kata Anies.

Sementara itu, Agus Harimurti Yudhoyono mengatakan tidak akan melakukan penggusuran jika terpilih nanti. “Dengan tegas, saya mengatakan, kami akan membangun menata Jakarta tanpa menggusur. Karena terbukti penggusuran hanya meningkatkan kemiskinan,” tegas Agus.

Sedangkan cawagub nomor urut 2, Djarot Saiful Hidayat menyebutkan pertanyaan semacam ini yang ia tunggu-tunggu, karena ingin melakukan klarifikasi. Selama ini, Djarot mengklaim pemindahan warga bantaran ke rusun dilakukan secara manusiawi. Warga diberi kompensasi yang cukup, di antaranya KJP, KJS, subsidi transportasi, dan beberapa subsidi lainnya.

(Oleh : Red NRMnews.com /Fajar S. – Editor : A. Dody R.)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s