Beranda

“…Pukat UGM Indikasikan Penegak Hukum Masih Berkutat pada Kasus ‘Kecil’ di Tahun 2017…”


"...Ilustrasi Tersangka Kasus Korupsi dan Pungli..."

“…Ilustrasi Tersangka Kasus Korupsi dan Pungli…”

“…NRMnews.com – YOGYAKARTA, Pusat Kajian Anti Korupsi (Pukat) Fakultas Hukum UGM mengingatkan, tahun 2017 merupakan tahun krusial untuk pemberantasan korupsi.

Melalui Pandangan atau Outlook Pemberantasan Korupsi tahun 2017, Zainur Rohman, peneliti pada Pusat Kajian Anti Korupsi, Senin (16/01/2016) lalu mengatakan, di tahun 2016 berbagai peristiwa korupsi menyita perhatian masyarakat. Sayangnya tidak ada kemajuan signifikan.

Lembaga eksekutif, legislative dan yudikatif yang seharusnya memberi perhatian lebih dalam penguatan pemberantasan korupsi nyatanya tidak banyak melakukan terobosan.

Karena itu, Zaenur Rohman memperkirakan, pemberantasan korupsi tahun 2017 tidak akan banyak berbeda dari tahun 2016. “…Saya melihat gelagat dari KPK, Kepolisian dan Kejaksaan masih akan berkutat pada kasus-kasus dalam tanda kutip kecil dan belum akan menyentuh kasus-kasus besar. Itu bisa dilihat dari keingingan antara pemerintah dan juga KPK untuk meningkatkan dipersepsi korupsi dengan target 5,0. Untuk angka sekarang di angka 3,6…”, tuturnya.

Sementara peneliti PUKAT lainnya, Fariz Fahriyan mengingatkan, tahun 2017 sebenarnya merupakan tahun krusial bagi pemerintah untuk meningkatkan perbaikan pemberantasan korupsi, antara lain melalui reformasi birokrasi. Tahun 2016 reformasi birokrasi belum mengalami banyak kemajuan padahal UU ASN menyediakan banyak peluang.

“…2017 ini sangat krusial karena perbaikan biroktasi ini akan menjadi tahun terakhir menurut pengamatan kami, karena di tahun 2018, fokus dari seluruh lembaga negara lebih pada lucky politik di pilpres 2019…”, katanya.

Menurut Pukat Fakultas Hukum UGM, secara umum kinerja pemberantasan korupsi di tahun 2016 masih jauh dari harapan masyarakat, dan masih banyak kasus korupsi yang akhirnya berhenti di tengah jalan.

(Oleh : Red.NRMnews.com / Dwi Pravita – Editor : A.Dody.R)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s