Beranda

“…Menhan Soroti Isu Hankam Laut China Selatan…”


"...Menteri Pertahanan Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu..." Photo By : Red. NRMnews.com

“…Menteri Pertahanan Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu…” Photo By : Red. NRMnews.com

“…NRMnews.com – JAKARTA, Isu pertahanan dan keamanan maritim di wilayah Laut China Selatan (LCS) menjadi topik hangat yang dipaparkan oleh Menteri Pertahanan Republik Indonesia Jend. TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu yang didampingi Panglima TNI Jend. Gatot Nurmantyo bersama Komisi I DPR-RI hari ini, Senin (06/02/2017).

Indonesia bukan negara claimant, namun wilayah Indonesia berbatasan langsung dengan LCS tepatnya Natuna dan ZEE yang berpotensi bersengketa terkait klaim Tiongkok. Terbukti bahwa kapal-kapal Tiongkok pernah melakukan pelanggaran wilayah ZEE dan teritorial Indonesia di Natuna,”ungkap Ryamizard Ryacudu.

Meski diakui Ryamizard sengketa LCS sebelumnya sangat tabu dibicarakan oleh pihak Tiongkok. Tetapi pihaknya berhasil melakukan pendekatan dan mengajak agar Tiongkok lebih terbuka dan bersahabat dengan negara-negara lain sebagai pemecah kebekuan diplomasi pertahanan selama ini.

“2015 pernah menjadi pembicara pada forum Shangri-La Dialouge di Singapura tepatnya 2-5 Juni lalu dan berinisiatif mengajak para pimpinan delegasi Tiongkok untuk terbuka dan bersahabat dengan negara lain, yaitu melalui tawaran patroli bersama untuk misi perdamaian di LCS dalam kerangka ASEAN dan ternyata inisiatif itu disambut baik,” pungkasnya.

(Oleh : Red NRMnews.com / Lola C. – Editor : A. Dody R.)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s