Beranda

“…DPRD Akan Temui MenLHK, Usulkan Pembangunan Jalan Masuk Kawasan Leuseur…”


"...Ilustrasi Pelebaran Jalan.." Photo By : Red.NRMnews.com

“…Ilustrasi Pelebaran Jalan..” Photo By : Red.NRMnews.com

“…NRMnews.com – MEDAN, Komisi D DPRD Sumatera Utara bersama Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan Pemerintah kabupaten/kota akan se-Sumatera Utara akan menemui Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) di Jakarta, untuk meminta izin pembangunan jalan tembus antara Kabupaten Karo-Langkat sepanjang 44,85 kilometer, yang sebagian masuk kawasan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL).

Hal itu terungkap dalam Rapat Dengar Pendapat Komisi D DPRD Sumatera Utara dengan sejumlah instansi dan pemerintah kabupaten/kota di Gedung DPRD Sumut, Jl Imam Bonjol Medan, Selasa (7/2/2017). Dalam rapat yang dipimpin Wakil Ketua Komisi D, Baskami Ginting tersebut, Komisi D juga meminta surat dukungan dari pemkab/pemko untuk pembangunan jalan tersebut.

Politisi dari Fraksi PDI Perjuangan ini mengatakan, pihaknya sudah lama mengusulkan pembangunan akses jalan tersebut, tetapi tidak juga diizinkan Kementerian LHK. Padahal hanya tinggal 5 km lagi jalan yang masuk kawasan TNGL yang perlu diaspal karena kondisinya rusak parah.

Sementara, Bupati Karo Terkelin Brahmana mengatakan, peningkatan ruas jalan tersebut sangat penting karena merupakan salah satu jalan alternative untuk evakuasi pengungsi Sinabung ke Kabupaten Langkat bila terjadi erupsi seperti beberapa waktu lalu. Bahkan, tahun lalu dirinya dan Bupati Langkat sudah membuat MoU untuk peningkatan jalan tersebut, namun usulan itu juga ditolak Kementerian LHK.

Seminggu lalu kita usulkan lagi, mudah-mudahan ada perubahan. Salah satu alasan kami waktu itu adalah kemanusiaan, karena pengungsi memiliki sejarah, melalui jalan itu mereka mengungsi ke Telaga di Langkat,” ujarnya. Sementara, Sekda Pemkab Langkat Indra Salahudin mengatakan jalan tersebut sangat dibutuhkan untuk menunjang obyek wisata di Kabupaten Langkat. Selain itu juga untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di sekitar kawasan yang dilintasi jalan tersebut.

(Oleh : Red NRMnews.com / Alam Y.K. – Editor : A. Dody R.)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s