Beranda

“…Indonesia Terlambat Bersiap Hadapi MEA…”


"...Logo Keketuaan Indonesia Atas Asean..."

“…Logo Keketuaan Indonesia Atas Asean…”

“…NRMnews.com – JAKARTA, Indonesia terlambat bersiap menghadapi implementasi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang berlaku sejak bulan Desember 2015.

Saat MEA berlaku, semua sektor di Indonesia belum tersertifikasi, padahal Indonesia sudah tidak bisa melakukan proteksi apapun dan terjebak dalam derasnya arus perdagangan jasa dan Sumber Daya Manusia (SDM).

Hal itu dikatakan oleh Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Riau, Ismet Inono kepada Radio Republik Indonesia, saat serah terima jabatan kepala KPBI Provinsi Riau, Rabu (8/2/2017) di Pekanbaru.

Dia menjelaskan arus perdagangan jasa dan SDM tidak akan bisa diproteksi lagi, ketika pasar semakin terbuka dengan adanya MEA. Sehingga dibutuhkan sistem sertifikasi atas standar keahlian dan kompetensi untuk menjadi jaminan daya saing SDM di dalam negeri apalagi di luar negeri.

“Kita semua mengkhawatirkan, saat ini tidak cukup lagi waktu bagi Indonesia untuk bersiap karena pemberlakuan MEA sudah berlangsung. Namun perlu masih dikejar melalui crash program,” sarannya. Sejauh ini lanjutnya, hanya tenaga yang sudah ahli yang mendapat sertifikasi kompetensi siap menghadapi diberlakukannya MEA.

Ismet Inono yang saat ini menjabat kepala grup pengembangan ekonomi BI Provinsi Jawa Barat mengatakan Indonesia harus menyelesaikan masalah sertifikasi secepatnya, jika tidak maka buruh-buruh dari luar akan masuk ke Indonesia.

“Bank Indonesia akan terus berupaya mendorong industri untuk merekrut tenaga kerja lokal yang belum terampil untuk menjalankan produksi, meski tidak ada aturannya karena dengan catatan tidak merugikan pengusaha,” urainya

(Oleh : Red NRMnews.com / Fajar S. – Editor : A. Dody R.)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s