Beranda

“…Masyarakat Yang Belum Perekaman E-KTP Dikhawatirkan Kehilangan Hak Pilih Dalam Pilkada Serentak…”


"...Mendagri Tjahjo Kumolo..."

“…Mendagri Tjahjo Kumolo…”

“…NRMnews.com – JAKARTA, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo telah mengimbau masyarakat untuk perekaman Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) sehingga memiliki hak pilih pada pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 15 Februari 2017.

Direktur Eksekutif dan Peneliti Utama Voxpol Center, Pangi Syarwi Chaniago menyayangkan masyarakat belum melakukan perekaman e-KTP karena dikhawatirkan akan kehilangan suara.

Sebelumnya, berdasarkan informasi ada 20 juta orang yang belum merekam e-KTP. Dia berharap, jumlah yang belum merekam e-KTP terus berkurang.

“Ketika masyarakat tidak melakukan maka akan merugikan hak suara untuk menentukan pembangunan. Jika tidak datang karena belum melakukan perekaman, ini disayangkan. Mereka termasuk golput administrasi,” kata Pangi Syarwi Chaniago, dalam perbincangan bersama Radio Republik Indonesia, Rabu (8/2/2017).

Menurutnya ada tiga jenis golput, yakni pertama tidak datang ke lokasi pemungutan suara (TPS) karena bekerja atau urusan lain yang tidak bisa ditinggalkan. Kedua, golput administrasi seperti tidak tercantum di DPT dan tidak memiliki e-KTP dan ketiga adalah golput ideologis. Biasanya alasan golput ideologis yaitu ikut pilkada dianggap tidak akan memberikan perubahanan.

Oleh sebab itu, pemerintah harus lebih aktif, jemput bola agar masyarakat segera melakukan perekaman e-KTP. “Ini kan pekerjaan sederhana dan tidak rumit. Hanya mengkonformasi saja. Pemerintah harus turun gurun untuk lebih reaktif untuk mendatangi atau strateginya ada mobil ditaruh di kampung, di kantor kelurahan. Ini harus diakali pemerintah. Prinsipnya sederhana untuk memudahkan masyarakat,” tegasnya.

(Oleh: Red NRMnews.com / Alam Y.K. – Editor : A. Dody R.)

1 reply »

  1. Hehehehe…. nggak masalah koq bung! Yang penting untuk buat e-ktp kan bisa dipalsukan Kartu Keluarganya, nyantai aja pak. Rakyat sudah ahli bikin e-ktp sampai 5-10 biji

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s