Beranda

“…Fadli Zon : Kekuatan Jurnalisme dan Demokrasi Saling Bertautan…”


"...Wakil Ketua DPR Fadli Zon..." Photo By : Red. NRMnews.com

“…Wakil Ketua DPR Fadli Zon…” Photo By : Red. NRMnews.com

“…NRMnews.com – JAKARTA, Wakil Ketua DPR Fadli Zon menyampaikan ucapan selamat Hari Pers Nasional yang diperingati setiap 9 Februari 2017. 

Fadli berharap pers tanah air terus berkembang dengan semakin objektif dan menjalankan fungsi kontrolnya.

Menurut Fadli, pers nasional kesulitan menjalankan fungsinya sebagai salah satu pilar demokrasi seiring berkembangnya konglomerasi media, yang membuat kepemilikan media jadi terkonsentrasi hanya di beberapa gelintir pemodal.
Fadli mengungkapkan kesulitan itu semakin bertambah besar manakala para pemilik media kemudian juga ikut terjun ke kancah politik secara langsung.

“Sebagai institusi yang sering disebut sebagai fourth estate’, alias pilar keempat demokrasi, di tengah-tengah banyaknya persoalan yang masih membelit tiang demokrasi lainnya di negeri ini, kita berharap bahwa pers bisa menjadi alat kontrol yang kredibel,” kata Fadli dalam keterangan tertulis, Kamis (9/2/2017).

Fadli mengingatkan kualitas demokrasi dan jurnalisme saling bertautan. Ia meminta pers harus terus memperbaiki posisinya seperti lembaga eksekutif, legislatif dan yudikatif yang perlu membenahi dirinya agar kualitas demokrasi semakin baik.
“Kita harus sama-sama mengakui bahwa perspun ternyata tak terbebas dari persoalan yang diidap oleh lembaga-lembaga pilar demokrasi lainnya,” kata Politikus Gerindra itu.

Selain itu, Fadli juga mengingatkan pers dapat kehilangan fungsi kontrolnya bila terlalu intim dengan kekuasaan. Apalagi, ketika kebebasan berpendapat tidak lagi merupakan persoalan di Indonesia. “Kita justru melihat jika tantangan pers malah semakin berat. Objektivitas adalah masalah serius hari ini, dan itu tidak terutama berasal dari kontrol kekuasaan, tapi dari kontrol pemilik modal industri media sendiri. Kontrol oleh modal ini sering kurang mendapat perhatian dibandingkan dengan kontrol oleh penguasa,” ungkap Fadli.

(Oleh : Red NRMnews.com / Dwi Pravita – Editor : A. Dody R.)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s