Beranda

“…89 Ekor Trenggiling Korban Penyelundupan, Diserahkan Polisi ke BKSDA…”


"...Trenggiling, Salah Satu Jenis Satwa Langka Dilindungi...."

“…Trenggiling, Salah Satu Jenis Satwa Langka Dilindungi….”

“…NRMnews.com – BENGKALIS, Kepolisian Resor (Polres) Bengkalis, Provinsi Riau telah menyerahkan 89 ekor hewan satwa dilindungi jenis trenggiling Ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), pada hari Selasa (14/02/2017) lalu.

Kapolres Bengkalis AKBP Hadi Wicaksono mengatakan, 89 trenggiling tersebut diamankan oleh Polisi pada Minggu (12/02/2017) lalu bersama empat pelaku yang masing-masing berinisial JI (42), RO (39), FB (49) dan SU (32) di Jalan Lintas Pekanbaru-Bengkalis, Kecamatan Siak Kecil, Bengkalis.

“…Penangkapan berawal dari patroli rutin yang dilakukan oleh jajaran Polsek Siak Kecil, saat sedang melakukan patroli, petugas memberhentikan dua unit mobil minibus jenis Innova dengan nomor Polisi BG 1246 MW dan BG 2534 HD, petugas kita awalnya mencium aroma mencurigakan dari dalam mobil. Saat diperiksa ditemukan puluhan trenggiling disimpan dalam karung dan keranjang…”, kata dia.

Dia mengatakan mereka semua berupaya menyelundupkan 89 trenggiling ke Malaysia melalui pelabuhan tikus. Sementara itu, Kepala Seksi Konservasi Wilayah IV Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Muhammad Zunir mengatakan hewan trenggiling tersebut akan dilepaskan langsung ke habitatnya.

“…Hewan ini akan kita lepaskan di hutan konservasi di wilayah Riau, tepatnya di hutan zamrud di Siak…”, katanya.

Hewan tersebut diserahkan Polres Bengkalis dan dibawa menggunakan mobil dari kementrian lingkungan hidup dan kehutanan, dengan cara disiram dengan air dan dilapisi rumput, sedangkan sembilan yang mati dimusnahkan dengan cara dibakar.

Penyerahan dilakukan langsung oleh Kapolres Bengkalis AKBP Hadi Wicaksono kepada Kepala Seksi Konservasi Wilayah IV Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Muhammad Zunir.

(Oleh : Red.NRMnews.com / Dwi Pravita – Editor : A.Dody.R)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s