Beranda

“…Nilai Investasi Arab Saudi di Indonesia Diharap Dapat Terealisasi, Tak Berhenti di MoU Saja….”


"...Kedatangan Raja Salman, di Indonesia..."

“…Kedatangan Raja Salman, di Indonesia…”

“…NRMnews.com – JAKARTA, Kunjungan Raja Salman ini juga diharapkan dapat meningkatkan hubungan kerja sama kedua negara di masa mendatang.

Investasi Arab Saudi ke Indonesia yang sekarang masih minim mungkin bisa ditingkatkan lagi ke depan.

“…Saya ingin sekali melihat kecepatan realisasinya, itu yang ditunggu. Kita lihat, naik enggak investasi Arab Saudi setelah ini…”.

Demikian dikatakan Ekonom UI, Ninasapti Triaswati dalam acara diskusi di Gado-Gado Boplo, Jakarta, Sabtu (04/03/2017).

Pemerintah Indonesia dan Kerajaan Arab Saudi sudah menandatangani 11 Memorandum of Understanding alias nota kesepahaman berbagai bidang di Istana Bogor, Jawa Barat, Rabu (01/03/2017) lalu. Namun banyak dari nota kesepahaman tersebut yang belum ada nilai investasinya. Ada dua yang sudah jelas nilai kerja samanya.

Pertama, kerja sama antara PT Pertamina (Persero) dengan Saudi Aramco, BUMN Arab Saudi terkait Kilang Cilacap. Nilainya mencapai US$ 6 miliar atau sekitar Rp 80 triliun.

Kedua, kontribusi pendanaan Saudi dengan pembiayaan proyek pembangunan antara Saudi Fund Development dan Pemerintah Republik Indonesia, nilainya US$ 1 miliar atau sekitar Rp 13,3 triliun.

Jika dijumlahkan maka total kerja sama yang nilainya sudah diketahui ini adalah US$ 7 miliar atau sekitar Rp 93,3 triliun. Ekonom UI, Ninasapti Triaswati, berharap semua investasi tersebut benar-benar terealisasi, tak berhenti di MoU saja.

Kerja sama Indonesia dan Arab Saudi masih bisa dipererat lagi. Ada modal sosial. Ada jutaan pekerja dan mahasiswa asal Indonesia di Arab Saudi.

“…Di Arab sana banyak mahasiswa Indonesia dan jutaan pekerja. Banyak juga profesional di perminyakan, telekomunikasi, ada juga domestic workers. Ini akan jadi modal untuk meningkatkan kerja sama…”, pungkasnya.

“…Uang adalah sesuatu yang sangat kita harapkan untuk pembangunan. US$ 7 miliar adalah angka yang harus kita realisasikan. Ini PR (pekerjaan rumah buat kita…”, kata Nina dalam diskusi di Gado-Gad0 Boplo, Jakarta, Sabtu (04/03/2017).

Dengan kekayaan keluarga Kerajaan Arab Saudi yang amat besar, tentu potensi investasi dari negeri kaya minyak itu sangat besar. “…Jumlah kekayaan anggota keluarga Kerajaan Arab Saudi jauh lebih besar dari kekayaan Bill Gates…”, ia mengungkapkan.

(Oleh : Red.NRMnews.com / Alam – Editor : A.Dody.R)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s