Beranda

“…Tour De Molvccas 2017, Ajang Balap Sepeda Internasional…”


“…Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama dengan Gubernur Maluku Said Assagaf, Saat Me-Launching TOUR DE MOLVCCAS 2017 di Jakarta Rabu (10/05/2017)…” Photo By : Red.NRMnews.com

“…NRMnews.com – JAKARTA, Rabu 10 Mei 2017 bertempat di Balairung Soesilo Soedarman Kementrian Pariwisata RI, Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama dengan Gubernur Maluku Said Assagaf me-launching TOUR DE MOLVCCAS 2017.

Balap Sepeda bertaraf internasional ini adalah merupakan balap sepeda yang pertama kali di selenggarakan di Maluku dan akan berlangsung pada 18 – 22 September 2017 mendatang.

Tour de Molvccas (TdM) dicanangkan menjadi kegiatan tahunan pariwisata Maluku yang didukung sekaligus di bawah pengawasan Union Cycliste International (UCI) atau federasi sepeda dunia dan Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI).

TdM mentargetkan 120 pembalap dari 30 negara termasuk Indonesia. Kami sangat mengapresiasi Pemerintah Provinsi Maluku yang melakukan terobosan dengan menyelenggarakan sebuah event balap sepeda kelas dunia.

Kementrian Pariwisata membantu memfasilitasi sekaligus membantu event Tour de Molvccas ini agar berjalan sebagaimana mestinya karena berpotensi untuk membantu meningkatkan target kunjungan 20 juta wisatawan mancanegara pada tahun 2019 serta tentu juga memajukan pariwisata di Maluku, ungkap Menpar Arief Yahya.

Maluku yang sangat kaya masih perlu dikembangkan dan dipromosikan secara maksimal sebagai bidang andalan dalam meningkatkan taraf hidup rakyat dan meningkat devisa negara.

Olah raga balap sepeda bertaraf internasional memiliki daya pikat tinggi dalam mengangkat wisata karena menciptakan eksposur media yang besar dan mengundang minat untuk mengunjungi tempat-tempat yang di lalui lomba, ungkap Gubernur Maluku Said Assagaf.

TdM dilakukan dengan metode dan konsep balap. Para pembalap professional mengumpulkan poin per etape dan pada etape terakhir terdapat masing-masing pemenang utama untuk beberapa kategori yang dilombakan.

Dan ada 5 (lima) etape yang akan dilalui oleh para pembelap yaitu, Etape 1 Peru – Masohi (179,7 km), Etape 2 Waipia – Bula (212 km), Etape 3 Bula – Wahai (153,8 km), Etape 4 Msohi – Kairatu (142,4 km) dan Etape 5 Namalatu Beach – Ambon (82,4 km). Sehingga total keseluruhan ada 770,3 km jarak yang akan ditempuh oleh para pembalap.

Sejumlah kegiatan lain akan digelar selama TdM berlangsung antara lain adalah Bazaar dan Festival music Molvccas Jazz di Lapangan Merdeka pada 18 – 22 September 2017, Lomba Cipta lagu, serta Cycling for All (Sepeda Gembira) sejauh 40 km pada 17 September 2017 di kota Ambon yang akan diikuti oleh pejabat setempat, masyarakat Maluku dan para pembalap yang juga merupakan partisipan dari TdM.

(Oleh : Red.NRMnews.com / Santi Widianti – Editor : A.Dody.R)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s